Penyabab dan Cara Mengatasi Gangguan Pengelihatan Rabun Dekat , Rabun Jauh, Silinder dan Presbiopia

Kesehatan mata merupakan salah satu yang penting untuk diperhatikan mulai dari usia dini hingga dewasa sebelum terjadi gangguan pengelihatan.

Penyabab dan Cara Mengatasi Gangguan Pengelihatan Rabun Dekat , Rabun Jauh, Silinder dan Prebiopia
Gangguan pengelihatan

Mata bisa diumpamakan seperti lensa kamera, jika salah mengatur focus maka gambar yang ditangkap atau yang dihasilkan kamera tersebut bisa terlihat buram.

Pengaturan focus cahaya di mata ini biasa disebut dengan kelainan Refraksi. Kelainan refraksi mata bisa digolongkan menjadi beberapa jenis, antara lain :

Rabun jauh (myopia)

Ciri-ciri nya buram ketika melihat benda yang ajaraknya jauh, namun jelas ketika melihat benda yang jaraknya dekat.

Penyebab rabun jauh sendiri yaitu karena cahaya yang masuk ke mata jatuh didepan retina, bisa karena sumbu bola mata yang terlalu lonjong atau karna lensa kornea yang terlalu cembung.

Myopia bisa dikoreksi dengan memakai kacamata lensa bikonkaf/cekung/negative, sehingga biasa disebut dengan mata min atau mata minus.

Rabun dekat (Hipermetropia)

Ciri-ciri rabun ini yaitu kebalikan dari Miopia, yaitu pandangan akan buram saat melihat benda yang jaraknya dekat tapi bisa melihat benda yang jaraknya jauh dengan jelas.

Penyebab rabun dekat yaitu karena cahaya yang masuk ke mata jatuh dibelakang retina, bisa juga karena sumbu bola mata terlalu pendek atau karena kornea yang terlalu cekung.

Hipermetropia bisa diatasi dengan menggunakan lensa kacamata bikonveks/ cembung/ positif, sehingga biasa disebut dengan mata plus.

Silinder / Astigmatisme

Ciri-cirinya yaitu pandangan berbayang atau sulit melihat garis lurus, baik saat melihat benda yang jaraknya dekat maupun benda yang jaraknya jauh. Orang dengan mata Astigmatisme ketika disuruh membuat garis yang lurus malah akan menjadi miring. 

Kondisi mata silinder bisa terjadi bersamaan dengan rabun dekat maupun rabun jauh. Kondisi ini terjadi karena ketidakteraturan lengkung kornea.

Astigmatisme ini bisa diatasi dengan menggunakan kacamata lensa silinder.

Penyabab dan Cara Mengatasi Gangguan Pengelihatan Rabun Dekat , Rabun Jauh, Silinder dan Prebiopia
Kesehatan Mata

Presbiopia

Prespobia atau sering disebut dengan mata tua. Ciri-cirinya dialami oleh mereka yang sudah berusia 45 tahun keatas. Semakin bertambah usia akan semakin buram hingga akan semakin sulit untuk membaca tulisan kecil-kecil seperti dikoran, buku, ataupun membaca pesan di handphone.

Penyebab nya sendiri yaitu karena proses penuaan yang membuat lensa mata menjadi kaku dan sulit mengatur focus cahaya. 

Prebiopia bisa diatasi dengan menggunakan lensa kacamata khusus baca (lensa baca), atau jika terjadi sebelum usia tua (mempunya kelainan retraksi) bisa diatasi dengan lensa kombinasi.

Baca Juga: Penyakit Jantung Kini Mneyerang Usia Muda

Nah, itulah beberapa gangguan penglihatan yang sering terjadi, oleh karena itu sangat penting sekali untuk menjaga kesehatan mata. Kesehatan mata dapat dijaga dengan banyak mengonsumsi vitamin seperti vitamin A, vitamin E, vitamin C, lutein, zinc, asam lemak omega-3.

Dewasa ini banyak sekali orang yang sudah mengalami gangguan kesehatan mata. Hal ini tentunya tek lepas dari hal-hal yang sederhana seperti kurangnya mata beristirahat, jarang mengkonsumsi vitamin A, hingga dampak penggunaan smarthphone yang berlebihan.

Jika merasa mulai mengalami gangguan pengelihatan, sebaiknya segera periksakan ke dokter mata untuk mendapatkan solusi yang tepat dan cepat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel