iklan satu

Usus Buntu, 4 Makanan yang Dapat Mememicu Penyakit Usus Buntu atau Appendicitis

Penyakit usus buntu atau Appendicitis merupakan penyakit umum yang bisa menyerang siapa saja. Gejala-gejala yang identik dengan peradangan usus buntu terkadang hanya ditemukan pada sebagian penderita, gejala tersebut juga cenderung mirip dengan penyakit lain sehingga sulit untuk di diagnosis.

Usus Buntu, 4 Makanan yang Dapat Mememicu Penyakit Usus Buntu atau Appendicitis
Radang Usus Buntu

Radang usus adalah kondisi yang menyebabkan peradangan dan luka pada usus. Meski penyakit radang usus dapat terjadi pada segala usia, namun penderita radang usus lebih sering dialami oleh laki-laki dibandingakan perempuan.

Namun, benarkah usus buntu bisa disebabkan oleh makanan yang kita makan? Jawabannya ya, berikut 4 makanan yang bisa memicu terjadinya Appendicitis atau radang usus buntu :

Pisang Muda

Mungkin anda heran, kenapa pisang bisa menyebabkan radang usus buntu, padahal pisang dikenal sangat baik dalam melancarkan pencernaan. Namun, beda hal nya dengan pisang muda, pisang jenis ini bisa menyebabkan konstipasi dan memicu radang usus buntu, karena pisang muda memiliki kandungan zat tepung yang sulit dicerna. 

Selain itu juga, pisang juga mengandung pektin yang akan menyerap air di saluran pencernaan dan menyebabkan sembelit yang juga akan berefek pada usus buntu.

Kesemek

Kesemek merupakan buah yang populer di Asia, buah ini ternyata juga merupakan makanan yang berpotensi menyebabkan usus buntu meradang. Kesemek manis tidak terlalu berbahaya, namun harus waspada dengan kesemek yang masih asam, karena dapat memperlambat pergerakan makanan pada usus.

Pada awalnya, buah ini akan menyebabkan sembelit, jika sembelit berlangsung lama maka akan sangat mungkin menyebabkan radang usus buntu.


Daging Merah

Daging merah mengandung lemak dan zat besi yang tinggi, membuat makanan ini lebih tahan lama dicerna oleh usus. Proses yang lama ini umumnya terlebih dahulu akan menyebabkan sembelit di awal dan jika hanya dibiarkan, akan dapat meningkatkan resiko peradangan pada usus buntu.

Produk Olahan Susu

Bila terlalu banyak mengkonsumsi olahan susu seperti keju, susu, yougurt dan es krim, dapat memicu peningkatan gas dan sembelit. Karena mengandung banyak laktosa. Meskipun kita tidak harus menghindarinya sama sekali namun, imbangilah dengan banyak minum air putih dan mengkonsumsi makanan yang kaya serat adri buah-buahan dan sayuran.


Nah itulah 4 makanan yang dapat memicu terjadinya peradangan pada usus buntu. oleh karena itu kita harus menjaga pola makan dan selalu terapkan pola hidup sehat. Keempat makanan diatas tentu saja boleh kita konsumsi, namun tidak boleh berlebih dan harus diimbangi dengan makanan yang kaya serat seperti sayur dan buah-buahan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel