iklan satu

Masih Muda Sudah Uban-an? 5 Makanan Yang Dapat Memicu Tumbuhnya Uban Pada Usia Muda

Uban adalah salah satu bentuk warna rambut yang berwarna memudar atau putih, biasanya uban muncul jika usia seseorang sudah memasuki usia tua atau lebih, jika muncul pada usia tersebut mungkin tidak menjadi masalah karena itu merupakan hal yang wajar. Namun bagaimana jika uban tumbuh pada usia yang masih muda, tentunya hal tersebut akan membuat kita menjadi tidak percaya diri ya kan.

Uban Usia Muda

Uban yang muncul pada usia yang masih muda mungkin akan membuat kita bertanya-tanya, sebenarnya kenapa sih bisa muncul uban padahal kita belum tua? Tentu saja rambut berubah menjadi putih atau memudar akibat dari runtuhnya pigmen rambut.

Sebenarnya ada banyak faktor yang bisa menyebabkan munculnya uban saat usia masih muda, seperti terlalu banyak pikiran yang membuat stress hingga depresi dan juga bisa disebabkan oleh faktor lainnya seperti kebiasaan tidak sehat serta mengkonsumsi makanan yang tidak sehat.

Nah, berbicara tentang makanan yang dapat memicu munculnya uban, memang ada beberapa makanan atau kandungan dalam makanan yang dapat menyebabkan uban muncul dini. Namun, tidak seketika makanan-makanan tersebut memunculkan uban, akan tetapi faktor makanan ini akan menyebabkan kulit kepala mumunculkan uban perlahan jika dikonsumsi terlalu banyak atau sering.

Lalu, makanan-makanan apa saja? Berikut 5 makanan yang dapat memicu munculnya uban pada usia muda.



1. Garam (Natrium)

Garam atau natrium bisa menyebabkan kulit kepala ditumbuhi uban di usia muda, segala makanan yang memiliki kandungan garam berlimpah akan bisa menyebabkan pemungkasan kandungan sodium yang sangat diperlukan untuk keseimbangan cairan.

Selain hal tersebut, ada juga beberapa kandungan dalam garam yang bisa menyebabkan uban tumbuh, tentu saja ini akan terjadi jika dikonsumsi berlebihan dan sering.

2. Monosodium Glumate (MSG)

MSG atau yang lebih kita kenal dengan micin memang sering ditemukan diberbagai jenis olahan makanan zaman sekarang. Perlu diketahui, MSG yang berlebihan bukan hanya akan mengganggu kesehatan tubuh, namun juga bisa membuat rambut di usia muda menjadi lebih cepat memudar dan secara perlahan akan berwarna putih. Untuk mencegah hal ini terjadi, sebaiknya kurangi mengkonsumsi atau hindari pemakaian MSG.

3. Gula

Mungkin yang satu ini tidak pernah terpikirkan, gula dapat menyebabkan tumbuhnya uban lebih cepat pada kulit kepala, ini disebabkan karena gula memiliki andil dalam menurunkan jumlah vitamin E dalam darah, dimana vitamin E itu sendiri berfungsi untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Selain itu, kandungan dalam gula juga dapat menyebabkan keelastisan rambut menjadi terganggu. 

Meskipun begitu, bukan berarti kita tidak boleh mengkonsumsi makanan manis, tentu saja boleh namun tidak jika berlebihan dan terlalu sering.


4. Daging (berprotein Tinggi)

Memang protein sanagat diperlukan oleh tubuh untuk pertumbuhan, terutama protein dalam daging. Namun, jika mengkonsumsi olahan daging yang memiliki tingkat protein tinggi juga tidak akan baik untuk pertumbuhan dan kesehatan, malah justru dapat menyebabkan kesehatan rambut menjadi menurun. 

Rambut akan lebih cepat memudar dan memutih akibat terlalu banyak mengkonsumsi daging dengan tingkat protein yang sangat tinggi.

5. Minuman Ringan

Minuman ringan yang sering kita jumpai tentu masih punya kaitan dengan gula, minuman berjenis soda memiliki kandungan gula di dalamnya. Bukan hanya gula, namun juga terdapat kandungan jenis kimia yang berfungsi memunculkan rasa dalam minuman soda. Kandungan tersebut dapat membuat warna melanin rambut bisa berubah, memudar dan membuat rambut dapat lebih cepat memutih.

Jadi, jangan terlalu sering menkonsumsi minuman ringan yang manis-manis ya, baiknya penuhi dulu kebutuhan cairan kita dengan air putih, yaitu minimal 2 liter dalam sehari.


Nah itulah 5 makanan yang bisa menyebabkan tumbuhnya uban di usia muda, semua jenis makanan tersebut tentunya boleh dikonsumsi. Namun jangan berlebihan yah, karena kembali lagi, segala sesuatu yang berlebihan itu tidak baik.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel