iklan satu

Alasan Tinggal di Desa Jauh Lebih Asik Dibandingkan Tinggal di Kota

Desa dan Kota merupakan dua tempat yang bisa dibilang saling berbanding terbalik dari hal kehidupan sosial hingga lingkungan.  Tak dapat dipungkiri, banyak orang yang terlena akan kemudahan dan janji manis kehidupan yang lebih baik di kota besar. Akibatnya, arus Urbanisasi (dari desa ke kota) semakin meningkat dari tahun ke tahun.
Desa
Desa

Kota memang merupakan tempat dimana sebagian besar orang mencari pekerjaan demi meningkatkan kualitas hidupnya. Bukan berarti di desa tidak ada pekerjaan, namun banyak orang beranggapan dengan bekerja di kota akan lebih cepat dan mudah dalam meningkatkan taraf ekonomi. Tentunya ada yang berhasil dan ada juga yang pulang kosong kembali ke desa.

Namun, pada pembahasan kali ini kita tidak akan membahas mengenai pekerjaan atau pun perbandingan ekonomi anatara desa dan kota. Di sini kita akan membahas Alasan Tinggal di Desa Jauh Lebih Asik Dibandingkan Tinggal di Kota



Ya, kehidupan di kota memang serba mudah dan cepat, namun ada beberapa alasan mengapa desa lebih baik untuk dijadikan tempat tinggal sehari-hari. Aapa saja? yuk simak ulasannya dibawah ini :

Kerukunan 

Hidup aman dan damai merupakan impian setiap orang, namun apa hubungannya di desa dan di kota? Hal ini sangat jelas, ada perbedaan. Di desa, kerukunan dan rasa peduli terhadap sesama masih sangat kental adanya, bukan berarti di kota tak ada, melainkan di kota sudah terkikis sedikit demi sedikit dengan rasa egoisme masing-masing.

Hal diatas tentunya tak lepas dari asal individu yang berbeda-beda dan memiliki kepentingan yang juga berbeda. Tak sama dengan di desa yang mayoritas msayarakatnya memiliki  pekerjaan yang sama seperti bertani, dan berkebun, sehingga budaya gotong royong masih sering kita jumpai, ditambah lagi hubungan keluarga yang masih terikat antara satu dan yang lainnya.

Minim Masalah Sampah

Bukan berarti di desa tidak ada sampah, akan tetapi minim sampah yang membludak seperti di kota-kota besar. Memang sih tempat sampah sudah disediakan di titik-titik keramaian, namun masih saja banyak yang tak taat dalam membuang sampah hasil konsumsinya.

Kebanyakan sampah di desa hanyalah sampah organik seperti dedaunan, sampah rumah tangga yang merupakan sumbangan besar di kota sangat minim adanya di desa. Maka tak heran jika di desa juga minim banjir, bahkan bisa dikatakan sangat jarang terjadi.


Lingkungan Asri

Oksigen merupakan hal primer bagi makhluk hidup yang tak luput dari peran tumbuhan hijau hasil dari fotosintesis nya, semakin banyak pepohonan yang tumbuh di sekitar, maka disitulah dapat dirasakan manfaatnya. Pasti, tubuh akan merasakan manfaat yang lebih segar dan mata pun dapat merasakan hijaunya dedaunan yang asri. 

Di desa lah tempat memanjakan tubuh untuk mendapatkan manfaat tersebut, minimnya pasokan oksigen di kota, ditambah lagi polusi dari pabrik membuat udaranya kurang bersih.

Bebas Macet

Sudah pasti di desa bebas akan kemacetan, terkecuali ada bencana alam yang menghalangi jalan raya, selain itu tingkat kesibukan di desa masih tidak sepadat di kota. Kalaupun ada kemacetan karena aktivitas ya barangkali karena ada acara nikahan mantan sehingga beberapa jalan di tutup.

Norma dan Adat 

Jika di kota pergaulan bebas merupakan hal yang wajar dan merupakan hal yang maklum-maklum saja, tentunya berbeda dengan di pedesaan yang masih sangat kental dengan kehidupan norma dan adat. Tentunya hal ini dikarenakan peran orang tua yang ekstra memperhatikan anak-anaknya, baik di sekolah, lingkungan bermain dan hal-hal lainnya. 


Nah, itulah beberapa Alasan Tinggal di Desa Jauh Lebih Asik Dibandingkan Tinggal di Kota. Kedua tempat ini memanglah sangat berbeda, oleh karena itu saat liburan banyak orang kota yang pergi ke desa untuk mendapat ketenangan, dan orang desa banyak yang berlibur ke kota untuk sekedar hiruk pikuk serta bangunan-bangunan yang super besar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel