iklan satu

Air Tajin / Air Rebusan Beras, Minum Rutin Setiap Hari dan Rasakan Manfaatnya Bagi Tubuh

Air tajin atau air rebusan beras merupakan salah satu minuman yang bisa dibilang sudah sangat familiar bagi masyarakat Indonesia. Hal ini tentunya tak lepas dari kebiasaan orang tua dahulu yang sering memanfaatkan air tajin ini untuk dikonsumsi sendiri ataupun diberikan kepada anak bayi, karena dipercaya memiliki kandungan yang baik bagi kesehatan tubuh maupun kecantikan.

Air Tajin / Air Rebusan Beras, Minum Rutin Setiap Hari dan Rasakan Manfaatnya Bagi Tubuh
air tajin
Hingga saat ini, air tajin masih dimanfaatkan oleh sebagian kalangan masyarakat Indonesia. Namun, apakah betul air tajin atau air beras ini memiliki manfaat bagi kesehatan tubuh dan kecantikan?

Berdasarkan artikel yang di muat dari laman thehelathsite.com menjelaskan bahwa dengan meminum air tajin secara rutin dalam setiap harinya, akan membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, segar dan bugar, bahkan akan membuat terhindar dari berbagai masalah kesehatan.

Lantas bagaimana cara membuat/menyajikan air tajin dan apa saja manfaat kesehatan bagi tubuh yang akan kita peroleh? Yuk simak ulasan lebih lengkapnya dibawah ini:

Cara membuat/menyajikan Air tajin

Langkah pertama yang dilakukan yaitu sama seperti memasak nasi pada umumnya yang dimulai dengan mencuci beras, hanya saja air yang dipakai untuk memasak nasi ditambah lebih (2:4). Masak nasi sampai air mendidih dan mengental, setelah itu ambil bagian air yang sudah mengental saja, sajikan pada gelas, tunggu hingga dingin dan air tajin siap diminum.

Air Tajin / Air Rebusan Beras, Minum Rutin Setiap Hari dan Rasakan Manfaatnya Bagi Tubuh
air tajin
Untuk memudahkan mengambil air tajin bisa menggunakan penyaring teh seperti pada gambar diatas agar lebih mudah memisahkan air tajin dan beras.

Manfaat air Tajin Bagi Kesehatan:

Mencegah Resiko Kanker

Semua orang pastinya tidak ingin terkena kanker. Nah, dengan minum air tajin setiap hari akan membuat kita terhindar dari resiko penyakit kanker. Berbeda dengan nasi yang kaya akan karnbohidrat, air tajin merupakan sari-sari beras yang mengandung nutrisi yang baik bagi tubuh dan membantu mencegah tumbuhnya kanker.


Menurunkan Resiko Alzeimer / Pikun

Nutrisi yang baik yang ada didalam air tajin dipercaya bisa mencegah Alzeimer, hal ini mengingat bahwa nutrisi yang terkandung di dalam air tajin sangat baik untuk kesehatan otak dan saraf yang ada disekitarnya.

Menariknya lagi, air tajin juga bisa membuat kita menjadi pribadi yang lebih cerdas, membuat pikiran lebih tenang dan fokus, dan tidak mudah lupa.

Mencegah dan Mengatasi Sembelit

Bagi yang sering mengalami masalah sembelit, disarankan untuk meminum air tajin. Para ahli percaya jikaair tajin mampu mencegah dan mengatasi masalah sembelit.

Menjaga Kadar Koleterol

Karena air tajin karbohidrat, vitamin dan nutrisi yang sehat namun tidak mengandung laktosa, maka air tajin dipercaya sangatlah baik untuk menjaga tingkat kolesterol dalam tubuh. Tak hanya itu, air tajin juga bisa membantu meningkatkan energi dalam tubuh setiap harinya.

Menjaga Berat Badan Stabil

Beberapa study menyebutkan jika meminum air tajin rutin setiap hari bisa membuat berat badan kita menjadi stabil. Nutrisi yang terkandung didalam air tajin di yakini bisa menjaga badan agar tidak kegemukan.

Baik Bagi Jantung

Perlu diingat, jika air tajin mengandung vitamin E dan magnesium yang tinggi, karena kandungan tersebutlah air tajin dipercaya sangat baik untuk menjaga kesehatan jantung. Minum air tajin secara teratur setiap hari akan membantu terhindar dari penyakit stroke.


Nah itulah ulasan deretan manfaat dari air tajin atau air rebusan beras yang sangat baik bagi kesehatan tubuh jika kita rutin mengkonsumsinya. Oleh karena itu, yuk mulai rutin menyajikan dan mengkonsumsi air tajin untuk dikonsumsi sehari-hari.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel