iklan satu

Tertawa, inilah 7 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Yang Kamu Dapat Saat ketawa

Setiap orang pasti pernah mengalami yang namanya tertawa, entah itu karena melihat, mendengar atau pun mengingat sesuatu hal yang lucu.

Tertawa, inilah 7 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Yang Kamu Dapat Saat ketawa
manfaat tertawa

Tertawa merupakan salah satu aktivitas fisik yang bisa dibilang sangatlah menyenangkan, banyak orang beranggapan dengan sering tertawa dapat membuat wajah awet muda, tertawa juga dipercaya mampu merubah mood seseorang dalam melakukan setiap aktivitas nya.

Bukan hanya itu, faktanya ketawa memiliki sederetan manfaat kesehatan lain yang sangat baik bagi tubuh, berikut ini kita akan membahas 7 manfaat tertawa bagi tubuh manusia.

1. Menurunkan Stress

Ketika tertawa, tubuh akan melepaskan beberapa hormon yang paling berbahaya bagi tubuh seperti kortisol. Tertawa juga dapat membantu menekan hormon stress yang merusak kesehatan kita.

2. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Untuk dapat tertawa kita membutuhkan aliran darah ke jantung, otak dan hampir setiap bagian dari tubuh, itulah sebabnya tertawa mampu meningkatkan sirkulasi darah. Tidak hanya itu, tertawa juga merupakan obat hipertensi alami karena dapat menurunkan tekanan darah.

3. Olahraga Yang Baik

Tertawa juga dapat menjadi salah satu olahraga wajah dan rahang, beberapa study menunjukkan bahwa saat tertawa terbahak-bahak maka saat itu seluruh tubuh tersentak, sehingga seperti melakukan olahraga.


4. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Sejumlah study telah menunjukkan bahwa tertawa dapat memberikan dorongan pada sistem kekebalan tubuh, dengan sering tertawa, maka kamu telah meningkatkan kekebalan tubuh terhadap flu, batuk dan berbagai jenis alergi.

5. Menyehatkan Paru-paru

Saat tertawa, kamu meberikan dorongan ke diafragma dan paru-paru, tindakan paksa ini mengisi paru-paru dengan oksigen yang membantu untuk membersihkan paru-paru kamu dan membuka dada untuk bernafas lebih dalam.

6. Meredakan Nyeri

Tertawa adalah cara terbaik untuk mengatasi rasa sakit, tertawa dalam menghadapi rasa sakit benar-benar dapat membantu kita merasa lebih baik. Tak hanya itu, tertawa juga menbantu kita untuk mengusir rasa takut dan kecemasan yang datang akibat rasa sakit fisik.

7. Meningkatkan Memori

Ketika kita tertawa, maka saat itu juga kita menghirup oksigen yang lebih banyak, hal ini membantu mengisi ulang sel-sel otak, itulah sebabnya tertawa bisa membantu meningkatkan memori serta keterampilan motorik kita.

Tertawa, inilah 7 Manfaat Bagi Kesehatan Tubuh Yang Kamu Dapat Saat ketawa
manfaat tertawa

Nah itulah 7 manfaat kesehatan bagi tubuh yang kita dapat saat tertawa, oleh karena itu selalu hiasi hari-harimu dengan senyum dan tawa ya, agar orang lain disekitamu juga bisa merasakan hal yang sama (bahagia). Karena, pada kenyataannya tertawa itu bisa menular.


Tapi perlu di ingat, jangan tertawa terlalu berlebihan yah, karena kembali lagi sesuatu yang berlebihan itu tidak baik, tertawalah karena memang lucu, jangan dipaksakan dan ini yang penting, jika tidak ada yang lucu tapi kamu tertawa maka itu bisa saja merujuk pada suatu penyakit yang disebut Pseudobulbar Affect (PBA).


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel