iklan satu

Rutin Konsumsi Timun Setiap Hari, Ini 7 Manfaat Menakjubkan Yang Akan Kamu Dapat

Timun atau Mentimun adalah salah satu jenis makanan yang rendah akan kalori, namun sangat kaya dengan vitamin dan mineral yang penting bagi tubuh.

Dalam satu buah timun metah, yang mempunyai berat 300 gram, mengandung nutrisi antara lain: 11 gram karbohidrat, 45 kalori, 2 gram protein, 2 gram serat, 14% vitamin C dari RDI, 62% vitamin K dari RDI, 10% magnesium dari RDI, 13% kalium dari RDI, 12% mangan dari RDI dan kandungan lemak 0 gram.

Rutin Konsumsi Timun Setiap Hari, Ini 7 Manfaat Menakjubkan Yang Akan Kamu Dapat
Manfaat Mentimun
Pada umumnya, dalam mengkonsumsi timun kita hanya menghabiskan sekitar sepertiga nya saja. Namun, dengan mengkonsumsi spertiga itu maka kita juga akan memeperoleh manfaat nutrisinya sebanyak sepertiga.

Sebanyak 95% kandungan timun adalah air dan dapat memberikan manfaat luar biasa bagi orang-orang yang sedang melakukan program diet alias penurunan berat badan.

Dengan melihat kandungan-kandungan nutrisi dari timun diatas, apa saja manfaat yang akan kita dapat jika rutin mengkonsumsi mentimun setiap hari?

Manfaat Timun :

1. Mampu Mengurangi Stress

Dari keterangan diatas dapat diketahui jika timun kaya akan vitamin, terutama vitamin B kompleks yang meliputi vitamin B1, vitamin B5 dan vitamin B7. Vitamin-vitamin tersebutlah yang bekerja bersama dalam merelaksasi system saraf anda dan memebantu meredakan saraf panic dan kecemasan yang disebabakan oleh stress.

2. Meningkatkan Kesehatan Otak

Seperti yang kita ketahui, mentimun mengandung vlavanoid atau anti inflamasi yang bagus untuk meningkatkan kesehatan otak. Vlavanoid membantu meningkatkan konektivitas neuron sehingga meningkatkan kognisi anda. 

Ini tidak hanya memabantu meningkatkan memori, tapi juga akan melindungi sel-sel saraf dari kerusakan yang berkaitan dengan usia.

3. Baik Untuk Pencernaan

Seperti yang kita ketahui bersama, mentimun kaya akan serat larut dan air. Mulailah kebiasaan makan sehat dengan menambah mentimun di salad dengan biji-bijian dan juga sari apel. Ini ternyata bagus untuk system pencernaan karena membantu mencegah refluks asam lambung.

Salad timun

4. Melindungi Kesehatan Jantung

Mentimun mengandung kalium dalam kadar tinggi yang sangat baik dalam mengatur tekanan darah. Kalium disini bertindak sebagai elektrolik yang membantu mengatur fungsi seluler, ini juga akan memebantu dalam merawat system saraf, kontraksi otot dan fungsi jantung. 

Juga kandungan serat dalam mrntimun akan membantu mencegah penumpukan kolesterol di arteri dan mencegah penyumbatan arteri.


5. Menghilangkan Racun

Karena mentimun banyak mengandung kandungan air menjadikannya obat alami untuk mengatasi dehidrasi atau kelelahan, demikian juga nutrisi dari mentimun ini yang bermanfaat untuk menghilangkan racun yang tidak diinginkan didalam tubuh.

6. Baik Bagi Ginjal

Salah satu manfaat utama yang akan kita dapatkan dari sering mengkonsumsi timun secara teratur adalah membantu mengurangi kadar asam urat, sehingga menjaga ginjal tetap dalam kondisi yang baik. 

Ini juga dianggap sebagai obat alami untuk memebrsihkan ginjal karena membersihkan puing-puing dan melarutkan batu ginjal kecil.

7. Membantu Menurunkan Berat Badan

Tentu saja karena kandungan air yang tinggi, timun dapat dijadikan salah satu menu makanan bagi yang melakukan program diet.


Nah, Itulah 6 manfaat dari Timun bagi kesehatan tubuh jika kita rutin mengkonsusinya setiap hari. Jadi, bagi ibu-ibu selalu sedia timun di dapur yah, untuk dihidangkan bagi keluarga tercinta di rumah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel