iklan satu

Kentang Serta Deretan Manfaat nya Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Konsumsi Kentang

Kentang, makanan yang satu ini memang menjadi makanan yang paling cocok jika kita nikmati ketika bersantai dirumah.
Kentang Serta Deretan Manfaat nya Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Konsumsi Kentang
Manfaat Kentang
Meskipun dikenal dengan sayuran yang tergolong murah harganya, namun nyatanya kentang memiliki banyak nutrisi, vitamin, serat, mineral dan potasium yang mampu memberikan banyak manfaat kesehatan bagi tubuh kita.

Sebenarnya, kentang termasuk dalam makanan pokok sama seperti nasi, jagung, mie atau   bihun. Namun, keunggulan kentang dibandingkan bahan makanan pokok lainnya yaitu kentang kaya akan kalium.

Kalium sendiri umunya terdapat pada sayuran hijau, dan kalium ini sangat baik fungsinya bagi tubuh kita. Lalu apa saja manfaat yang akan kita peroleh dari mengkonsumsi kentang? Yuk simak ulasan manfaat kentang dibawah ini:   

Kentang Serta Deretan Manfaat nya Untuk Kesehatan Tubuh, Yuk Konsumsi Kentang
Olahan Kentang

1. Mampu Mengobati Batu Ginjal

Kandungan magnesium yang ada pada kentang mampu menghambat pengendapan kalsium pada ginjal maupun organ lainnya, sehingga mampu mengobati batu ginjal.

Bagi kamu yang mengalami batu ginjal, sebaiknyahindari mengkonsumsi makanan yang mengandung protein tinggi seperti daging, telur, ikan, bayam, pisang raja dan makanan tinggi protein lainnya karena dapat meningkatkan kadar asam urat dalam darah secara drastis.

2. Mengurangi Resiko Kanker

Mengkonsumsi kentang akan mencegah tumbuhnya sel kanker pada tubuh. Kadungan folat yang ada pada kentang berperan dalam sintesis dan perbaikan DNA, sehingga mampu menghambat terbentuknya jenis sel kanker yang disebabkan oleh mutasi DNA.

Vitamin B6 pada kentang ampuh dalam melawan terjadinya pembentukan tumor yang dapat mempicu kanker. Jenis kanker yang dimaksud adalah kanker prostat pada pria dan kanker rahim pada wanita.

Dan tak hanya itu saja, sifat antioksidan yang dimiliki vitamin C dan korsetin pada kentang mampu melindungi sel dari kerusakan yang disebabkan oleh radikal bebas.

3. Mampu Mengatasi Diare

Kentang mengandung banyak energi dan serat kasar serta juga mudah dicerna, sehingga dapat mengobati diare. Meskipun begitu, jangan juga terlalu banyak dalam mengkonsumsinya saat diare.

4. Mampu Mengontrol Kadar Gula Darah

Kentang mengandung jenis pati khusus, yaitu pati resisten, pati resisten ini dikenal mampu mengurangi resistensi insulin yang nantinyadapat mengontrol kadar gula dalam darah.

Selain itu, study yang dilakukan pada penderita diabetes tipe II, menemukan fakta bahwa mengkonsumsi kentang dapat membantu menurunkan kelebihan gula dalam darah setelah makan.

5. Mampu Mengatasi Hipertensi

Selain dapat mengontrol kadar gula dalam darah, kentang juga mampu menurunkan tekanan darah tinggi. Serat pada kentang mampu manurunkan kolesterol dan meningkatkan fungsi insulin pada tubuh sehingga mamapu menurunkan tekanan darah.

Selain itu, kandungan mineral seperti magnesium, kalsium dan kalium pada kentang mampu menurunkan tekanan darah secara alami. 

6. Dapat Mencegah Penyakit Kudis

Kandungan vitamin C pada kentang mamapu mecegah penyakit kudis yang ditandai dengan gejala-gejala seperti gusi yang kenyal dan berdarah, sudut bibir yang pecah serta inveksi virus yang sering terjadi pada tubuh penderita.


7. Baik Untuk Jantung

Mengapa kentang mampu mendukung kesehatan jantung? Jawababnnya karena kandungan vitamin C, vitamin B6, serat dan kalium pada kentang mampu memebrikan perlindungan terhadap kesehatan jantung. Kentang juga rendah akan kolesterol, sehingga mampu mengurangi resiko penyakit jantung.

8. Menjaga Kesehatan Tulang

Kandungan zat besi yang ada pada kentang memastikan iya sangat membantu pertumbuhan dan kesehatan tulang secara keseluruhan.

Zat besi, kalsium, fosfor, magnesium dan seng yang ada dalam kentang merupakan kombinasi sempurna untuk membangun struktur serta kekuatan tulang.


Nah itulah 7 manfaat dari kentang yang selain harganya murah, juga rasanya yang lezat saat dikonsumsi. Untuk mengkonsumsi kentang bisa langsung digoreng, namun baiknya direbus atau dimasak menjadi sayur ataupun sup.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel