iklan satu

Awas, Ini 5 Orang Yang Tidak Boleh Memakan Pepaya, efek nya bisa bahaya

Pepaya merupakan buah tropis Indonesia, pepaya termasuk dalam jajaran buah sehat yang kaya akan nutrisi.

Sebuah pepaya berukuran sedang mengandung sekitar 120 kalori, vitamin C yang tinggi serta serat yang mampu memenuhi kebutuhan harian tubuh sebanyak 20%.

Awas, Ini 5 Orang Yang Tidak Boleh Memakan Pepaya
pepaya
Oleh karena itu, tidak mengherankan jika pepaya disebut sebagai salah satu buah yang paling sehat. Karena disebut sehat inilah, maka banyak orang yang sangat senang mengkonsumsinya. Pepaya sendiri bisa dikonsumsi secara langsung atau diolah menjadi bahan sayur bahkan es buah. 

Meski buah ini tinggi zat antioksidan dan nutrisi penting lainnya, ada beberapa penyakit atau gangguan kesehatan yang membuat kita harus menghindari mengkonsumsi buah ini.

Apa saja gangguan kesehatan yang membuat kita bahaya mengkonsumsi pepaya? yuk simak ulasannya dibawah ini:

Awas, Ini 5 Orang Yang Tidak Boleh Memakan Pepaya
pepaya


1. Ibu Sedang Hamil

Mengkonsumsi pepaya terutama pepaya yang belum matang sangat sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh wanita yang sedang dalam masa kehamilan. Itu sebabnya mengkonsumsi pepaya jenis ini saat hamil bisa menyebabkan keguguran.

Pepaya mentah mengandung latex yang diketahui bisa memicu kontraksi uterus yang pada akhirnya akan menyebabkan keguguran,

2. Gangguan Pernapasan

Seseorang yang punya masalah dengan gangguan pernapasan juga tidak dianjurkan untuk memakan pepaya. Sebabnya, pepaya mengandung enzim yang bernama papain. 

Papain merupakan alergen kuat sehingga dapat memperburuk masalah pernapasan yang sedang dialami oleh seseorang. Oleh karena itu jika menderita demam, asma atau sesak nafas sebaiknya menghindari mengkonsumsi buah ini.

3. Gangguan Batu Ginjal

Pepaya sangat tinggi akan kandungan vitamin C, yaitu zat alami yang memainkan peranan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. 

Namun, jika terlalu banyak mengkonsumsi vitamin C, maka akan semakin memperparah pembentukan batu ginjal yang ada didalam tubuh.


4. Gangguan Pencernaan

Bagi yang sedang mengalami gangguan pencernaa, sebaiknya menghindari dulu untuk mengkonsumsi buah pepaya. Sebab, kandungan papain yang ada didalam pepaya akan bisa membuat sakit perut menjadi makin parah.

5. Gula Darah Rendah

Jika gula darah dalam tubuh kita rendah, sebaiknya kurangi atau bahkan hindari memakan pepaya. Karena, makan pepaya terutama dalam jumlah yang banyak akan membuat gula darah makin menurun.


Buah pepaya memang lezat dan sangat bergizi, namun jika yang sedang mengalami 5 masalah kesehatan tadi, maka hindari dulu untuk mengkonsumsi nya. Konsumsi lah buah-buahan sehat lain yang tidak mengganggu atau memicu penyakit yang sedang kamu alami.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel