iklan satu

9 Makanan Yang Ampuh Dalam Menurunkan Kolesterol Jahat dan Meningkatkan Koleterol Baik Dalam Tubuh

Jika mendengarkan kata Kolesterol mungkin bukan suatu kata yang asing lagi di telinga setiap orang, perlu diketahui jika kolesterol merupakan salah satu lemak tubuh atau yang lebih dikenal dengan dengan nama lipid.

Sebagai lemak tubuh, kolesterol tentunya memiliiki berbagai fungsi di dalam tubuh, namun jika kadar kolesterol jahat dalam darah mengalami kenaikan alias tinggi maka hal ini dapat menjadi masalah serius bagi kesehatan tubuh.

Penting untuk diketahui, berbagai jenis makanan terbukti dapat menurunkan kadar koleterol dalam tubuh, apa saja makanan-makanan penurun kolesterol tersebut? Simak ulasannya dibawah ini:

9 Makanan Yang Ampuh Dalam Menurunkan Kolesterol Jahat dan Meningkatkan Koleterol Baik Dalam Tubuh
makanan untuk menurunkan koleterol

1. Tomat

Tomat itu sayur atau buah? ahh dari pada bahas itu mending kita cari tahu manfaat dari bauh ini. Mengkonsumsi tomat ternyata dapat membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh kita. Cara yang paling baik untuk mengkonsumsi tomat yaitu dengan dibuat jus dan meminumnya dua kali sehari.

2. Delima

Buah bulat merah kecil yang satu ini ternyata sangat baik untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Khususnya berfungsi mengurangi penumpukan plak kolesterol dan mampu meningkatkan produksi oksidanitrat yang dapat membantu mengurangi plak pada arteri.


3. Alpukat

Buah berwarna hijau lonjong ini merupakan salah satu buah yang dapat meningkatkan kolesterol baik pada tubuh. Ini dikarenakan ada dua jenis kolesterol dalam tubuh yaitu HDL (koleterol baik) dan LDL (koleterol jahat).

4. Anggur

Buah anggur ternyata juga baik untuk meningkatkan kadar koleterol baik dalam tubuh, dengan rutin memakan atau meminum jus buah anggur tiap hari dapat meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh kita.

5. Bawang Putih

Meskipun tergolong ke dalam rempah-rempah, atau salah satu bumbu dapur di rumah, bawang putih ternyata efektif membantu menurunkan kadar koleterol jahat dalam tubuh. Usahakan untuk mengkonsumsi satu sium bawang putih perhari untuk menurunkan kadar koleterol jahat dalam tubuh.
Bawang putih pun bisa dicampurkan ke dalam berbagai jenis masakan.

6. Olahan Kedelai (tahu dan tempe)

Tahu dan tempe sangat baik untuk menurunkan kadar koleterol jahat dalam tubuh. Selain itu, manfaat yang juga dapat diperoleh yaitu adanya sumber protein dalam kedua jenis makanan tersebut.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan yang dimaksud disini seperti kacang tanah, kenari, almond, serta edamame. kandungan Omega3 dan antioksidan dalam kacang-kacangan tersebut sangat baik untuk menurunkan kadar koleterol jahat pada tubuh.

8. Ikan Salmon

Ikan salmon mengandung sumber asam lemak sumber Omega3 yang cukup tinggi yang berfungsi  untuk meningkatkan kolesterol baik dalam tubuh.

9. Bayam

Sayuran hijau kesukaan Popeye ini mengandung sunber gluten, glutein dalam bayam berfungsi membantu menurunkan kadar koleterol jahat dalam tubuh. Jadi, mulai sekkarang ada baiknya untuk selalu menyediakan sayur bayam sebagai menu makanan harian di rumah.



Nah, itulah 9 jenis makanan yang dapat menurunkan kadar koleterol jahat dan meningkatkan koleterol baik dalam tubuh.

Poin yang dapat disimpulkan tentang menjaga kadar koleterol tetap stabil yaitu rutin mengkonsumsi aneka buah dan sayuran hijau, rutin berolahraga, hindari kebiasaan buruk seperti merokok, dan rutin engkonsultasikan dan cek kadar koleterol dalam tubuh ke tenaga kesehatan sekitar.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel