iklan satu

Pesawat Tidak Bisa Terbang di Atas Ka'bah? ternyata ini alasan dan bukti empiris menurut ilmu pengetahuan

Meskipun pesawat adalah transportasi udara umum, tapi tahu gak ternyata ada daerah yang tidak dapat dilintasi oleh pesawat, salah satunya adalah Ka'bah di kota Mekkah, Arab Saudi. Konon katanya disekitar ka'bah terdapat medan elektromagnetik kuat yang dapat mengganggu penerbangan jika melintas diatasnya.
Pesawat Tidak Bisa Terbang di Atas Ka'bah? ternyata ini alasan dan bukti empiris menurut ilmu pengetahuan
ka'bah
Apakah anggapan itu benar adanya? Yuk simak ulasan dan temukan jawaban dalam beberapa fakta mengenai ka'bah dibawah ini:

Ka'bah

Ka'bah adalah bangunan yang sangat disucikan oleh salah satu agama terbesar di dunia, yaitu islam, dimana letak ka'bah berada di tengah-tengah Masjidil haram dan tempat ini merupakan tempat yang tidak pernah sepi dikunjungi oleh umat muslim dari berbagai penjuru dunia.

Jika membahas mengenai ka'bah, ada fakta unik yang berkaitan dengan ka'bah. Pesawat komersial diketahui tidak pernah terbang melintas diatas ka'bah, sehingga hal ini sering dikaitkan dengan anomali magnetik yang ada di tempat ini.

Konon katanya, peralatan pesawat akan tidak berfungsi dan bisa mengakibatkan pesawat jatuh, selain itu ada juga yang mengatakan bahwa tarikan gravitasi di ka'bah sangat kuat dimana akan membuat pesawat kesulitan untuk menjaga keseimbangan.

Baca Juga: Simpel, 9 Tips Hidup Sehat Ala Rosulullah yang Perlu Kita Amalkan Sehari-hari

Tidak hanya pesawat atau helikopter, banyak yang percaya bahwa burung pun tidak terbang atau melintas langsung diatas ka'bah. Mari kita periksa satu demi satu klaim tersebut dari sudut pandang ilmu pengetahuan dan bukti-bukti empiris.

1. Burung tidak bisa terbang diatas ka'bah?
Apakah pernyataan ini benar? Nyatanya banyak rekaman yang menunjukkan hal yang berbeda, burung-burung terbang seperti biasa diatas ka'bah. Malahan ada beberapa foto yang menunjukkan burung merpati bertengger tepat di bangunan suci ini.

2. Pesawat dan Sejenisnya tidak bisa terbang diatas ka'bah
Apakah pernyataan ini benar? Faktanya adalah, pesawat bukan tidak bisa terbang diatas ka'bah, dalam beberapa rekaman video yang beredar Helikopter milik Security Guard terbang seperti biasa dalam melakukan tugasnya dan belum pernah dilaporkan adanya kecelakaan karena terbang diatas atau sekitar ka'bah

3. Zona keseimbangan Magnetik yang ada dikawasan ka'bah?
Sampai saat ini, belum bisa dibuktikan secara ilmiah. Sebenarnya bukit magnetik atau grafitasi hempir tersebar diseluruh dunia dan semuanya bekerja dengan cara yang sama, termasuk di Makkah dan Madinah. jadi belumada bukti jika anomali magnetik yang menyebabkan pesawat tidak bisa terbang diatas ka'bah.

Pesawat Tidak Bisa Terbang di Atas Ka'bah? ternyata ini alasan dan bukti empiris menurut ilmu pengetahuan
Makkah

Lalu mengapa pesawat khususnya pesawat komersial tidak terbang diatas ka'bah?


Jawaban dari pertanyaan diatas adalah karena tidak adanya bandara di Makkah, jadi jalur penerbangan tidak ada yang melintasi kota Makkah apalagi diatas ka'bah. Tapi mengapa kota mekkah tidak memiliki bandara padahal tiap tahun ada jutaan umat muslim yang berkunjung melaksanakan ibadah haji maupun umroh?

Nyatanya, ini adalah alasan praktis, pemerintah Arab Saudi memang sengaja tidak membangun fasilitas transportasi udara diatas Makkah untuk menghindar penumpukan penumpang. Itulah mengapa mereka telah menyiapkan bandara di King Abdul Aziz, Jeddah yang berlokasi 90km dari Makkah.

Sementara alasan teknisnya, Makkah adalah kota yang tertutup untuk non muslim, hanya muslim yang diperbolehkan untuk masuk ke Makkah dan Madinah, dua kota suci bagi umat muslim. Dengan adanya bandara maka akan sangat sulit untuk membantasi penumpang non muslim dari penerbangan internasional.

Alasan selanjutnya yaitu karena adanya larangan terbang tidak hanya diatas ka'bah akan tetapi juga terbang diatas kota Makkah. Ini berkaitan dengan posisi kota Makkah yang berada di wilayah pegunungan yang sungguh tidak ideal sebagai jalur penerbangan.

Dengan alasan keamanan pemerintah Arab Saudi melarang wilayah udara Makkah dilintasi pesawat untuk melindungi juta'an umat yang beraktifitas dan beribadah didalamnya.

Bisa dibayangkan bila pesawat melintas di atas kota Makkah, jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan maka potensi kerusakan dan korban yang ditimbulkan bisa sangat besar. Selain itu, kondisi geografis Makkah yang berbukit juga bisa menyebabkan suara pesawat memantul, dimana suara bising mesin pesawat akan mengganggu jama'ah yang sedang beribadah.

Jadi, perlakuan NO FLY ZONE alias pelarangan terbang di area kota Makkah adalah hal yang wajar,, mengingat alasan teknis dan kemanan. Larangan yang sama juga diberlakukan di tempat lain seperti di Taj'mahal, Machu Picchu hingga DisneyLand dan tempat-tempat lain.

Baca Juga: Kesurupan Menurut Pandangan Medis, Ternyata bukan cuma karena gangguan makhluk halus

Nah itulah alasan mengapa pesawat tidak bisa terbang atau melintas diatas ka'bah, diluar itu Ka'bah merupakan tempat yang penuh dengan kejaiban dan karomah yang membuat orang takjub.

Semoga sebagai umat muslim kita semua diberikan kesempatan untuk bisa memenuhi menjadi tamu Allah SWT untuk menjalan rukun islam yang ke yang ke 4. Aamiin ya Rabbal Alaamiin.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel