iklan satu

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Panda / Kantung Mata, mudah dan efektif

Mata panda atau kantung dibagian bawah mata pasti sering di alami oleh banyak orang, terkadang hilang dengan sendirinya dan juga ada yang  sudah lama namun tidak kunjung hilang/permanen, tentunya hal ini sangat mengganggu terutama dalam segi penampilan wajah.

Penyebab dan Cara Mengatasi Mata Panda / Kantung Mata, mudah dan efektif
mata panda/kantung mata
Mata panda atau kantung mata bisa membuat wajah seseorang jadi kelihatan lelah, kusam, ataupun tampak kurang fit. Lantas apa yang menyebabkan hal ini terjadi, dan bagaiamana cara mengatasi nya? Yuk simak ulasannya dibawah ini.

Penyebab Mata Panda


1. Faktor Genetik
Faktor genetik bisa sangat berpengaruh terhadap timbulnya kantung mata/mata panda, kadang kala seseorang sudah melakukan berbagai cara untuk menghilangkan namun hasilnya tidak sesuai harapan yang diinginkan atau masih tampak samar-samar. 

2. Menangis
Setiap kali menangis biasanya membuat mata menjadi bengkak, wajah lebih merah karena aliran daha akan lebih banyak mengalir ke wajah dan cairan akan lebih banyak berkumpul di mata, sehingga membuat mata menjadi bengkak dan lama kelamaan membentuk kantung mata.

3. Kurang tidur
Sudah bukan rahasia lagi, pada seseorang yang kurang tidur akan tampak pada area mata bagian bawah akan menghitam ataupun bengkak. Selain itu kurang tidur juga dapat membuat daya tahan tubuh menjadi menurun.

4. Sering mengucek mata
Seringnya mengucek mata dapat mengakibatkan rusaknya pembuluh darah kecil yang terdapat di kelopak mata (kapiler). Kelopak mata memliki kulit yang lebih tipis, sehingga jika sering dikucek bisa mengakibatkan kulit tampak hitam atau lebih gelap.

5. Paparan sinar matahari
Paparan matahari yang langsung mengarah pada mata bisa membuat mata menjadi tidak sehat, oleh karena itu bagi yang sering bekerja dibawah matahari langsung alangkah baiknya menggunakan kaca mata hitam.

6. Merokok
Bagi yang merokok, bukan hanya bagian bawah mata yang menghitam, tetapi juga area kulit lain akan menjadi gelap, seperti bibir. Pada saat merokok dapat membuat beberapa kapiler pembuluh darah akan rusak dan kolagen pada kulit akan berkurang.

7. Penuaan
Semakin tua usia seseorang, fungsi organ termasuk otot, jaringan akan mulai melemah termasuk dibagian mata. Kulit wajah akan mulai kendor dan membentuk kantung. Penuaan tidak dapat dilawan namun kita bisa menghambat terjadinya penuaan pada wajah dengan cara melakukan perawatan.

8. Pola makan
Sel-sel yang ada di dalam tubuh semuanya memerlukan protein, sel-sel yang rusak dan dibentuk lagi yang baru memerlukan protein, oleh karena itu protein sangat dibutuhkan oleh tubuh. Intake garam yang berlebihan juga dapat berperan dalam pembentukan kantung mata.

Cara Mengatasi

Berikut ini ada 3 bahan dan cara yang bisa kamu coba lakukan secara mandiri dirumah utuk menghilangkan mata panda atau kantung mata:

1. Es Batu
Cara ini terbilang sangat mudah, kamu hanya perlu meyediakan stok es batu. Setiap bangun tidur kamu langsung bisa mengompres bagian mata panda/kantung mata dengan es batu, lakukan cara ini selama 3 menit.

2. Teh celup
Jika kamu sering minum teh, jangan langsung membuang kantung tehnya, kamu bisa memanfaatkannya untuk menghilngkan mata panda/kantung mata. Caranya kantung teh celup tadi simpan di dalam kulkas, biarkan sampai mendingin sekita 4-5 menit, dan gunakan teh itu untuk mengompres area bawah mata. Teh bagus untuk mata karena mengandung banyak antioksidan.

3. Sendok Makan
Sendok makan besi juga bisa kamu manfaatkan loh, caranya mudah. Cukup menyimpan sendok makan dalam kulkas atau rendam sendok pada air dingin, lalu jika sudah dingin langsung saja tempelkan sendok tersebut pada mata, lakukan 3-4 menit. Jika sendoknya sudah tidak dingin, masukkan kembali ke dalam kulkas atau rendam kembali dalam air dingin.


Nah itulah pembahasan mengenai penyebab terjadinya mata panda atau kantung mata dan cara mengatasinya, mudah bukan? Yang paling penting itu niat, karena kebanyakan orang sudah mengetahui caranya namun tidak melaksanakannya, akhirnya semua itu sia-sia.

Selamat Mencoba.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel