iklan satu

Jangan Kaget, Ternyata Beberapa Anggota Tubuh Ini Masih Aktif Meskipun Manusia Sudah Mati

Semua yang bernyawa pasti akan merasakan yang namanya mati, di dunia ini manusia hanya hidup sementara alias tidak ada yang abadi nan sakti. Ketika manusia telah mati makan akan disemayamkan sesuai dengan kepercayaan agama masing.

Jangan Kaget, Ternyata Beberapa Anggota Tubuh Ini Masih Aktif Meskipun Manusia Sudah Mati
ilustrasi mati

Saat sesorang di vonis meninggal dunia atau mati, maka seluruh aktivitas nya duniawi akan ditinggalkan. Namun, ada sedikit perbincangan di masyarakat yang terkadang menghebohkan dikeranakan orang yang sudah mati masih mengalami pergerakan pada anggota tubuh.

Hal diatas memanglah sering dijumpai oleh tenaga medis bahkan keluarga yang menyaksikan, namun apakah itu menandakan akan masih adanya kehidupan? wajarkah hal itu terjadi pada manusia yang telah mati?

Jawabannya ya, itu merupakan refleksi dari tiap anggota tubuh ketika nyawa sudah meninggalkan jasad seseorang. Namun, ini tidak lagi menandakan akan adanya kehidupan. Memang masih ada beberapa anggota tubuh yang berfungsi/ bergerak walau nyawa telah lepas dari badan, anggota tubuh apa saja itu? Yuk simak ulasannya dibawah ini:

1. Organ Suara

Orang sudah meninggal tapi masih bersuara? mengerikan bukan, tapi kenyataannya pada beberapa kasus, orang yang sudah meninggal alias mayit sesorang terdengar masih bersuara, jangan salah paham dulu, karena suara yang keluar itu sebenarnya bukanlah suara yang dihasilkan oleh organ suara, melainkan akibat dari adanya penumpukan gas dan terjadinya kontraksi pada otot.

Akibat penumpukan gas dan kontraksi otot inilah yang menyebabkan paru-paru terpompa sehingga masih menghembuskan udara keluar lewat mulut. Jadi bukan suara mayat yang berbicara yah.

2. Otot

saat sesorang telah dinyatakan mati, seketika itu juga otak manusia sudah tidak lagi berfungsi. Namun, lain halnya dengan saraf, saraf masih memerlukan waktu beberapa saat untuk berhenti berfungsi sepenuhnya, sehingga kadangkala pada jenazah seseorang mungkin akan terlihat beberapa kedutan yang menandakan bahwa ototnya masih berfungsi.

Segera setelah kematian otot-otot tubuh akan berkontraksi dengan cara yang sama ketika orang itu masih hidup. Otot tubuh manusia yang sudah meninggal masih memiliki daya refleksi tertentu yang tidak melibatkan otak. Setelah sirkulasi dan nafas berhenti barulah kemudian otot-otot akan menjadi tegang dan kaku.

Baca Juga: Bocoran Daftar Harga Organ Tubuh Manusia di Pasar Gelap dan Pandangan Islam Tentang Menjual Organ Tubuh


3. Sistem Pencernaan

Meskipun terdengar menyeramkan, namun jika mendapatkan kasus ini jangan kaget. banyak orang yang meninggal namun masih buang air kecil maupun buang air besar. Ini terjadi akibat saat masih hidup, otak masih berfungsi untuk menahan, sedangkan ketika mati otak tidak lagi berfungsi maka semua yang ditahan itu akan keluar alias dilepaskan.

Sementara proses buang air besar pada orang yang sudah meninggal ini lebih kerap terjadi karena kotoran yang ada didorong oleh peningkatan gas dalam tubuh.

4. Kulit

Otak berhenti bekerja saat jantung tidak berdetak lagi, hal ini terjadi karena sel otak tidak lagi menerima asupan oksigen. Namun, sel-sel kulit masih tetap berfungsi bahkan 12 jam setelah kematian.

Faktanya, kulit hanya akan membutuhkan sedikit/oksigen yang sangat rendah sehingga masih mampu terus berkembang, ini dikarenakan kulit merupakan bagian terluar dari tubuh manusia, sehingga kulit bisa langsung mengambil sedikit oksigen dari udara sehingga kulit masih tetap hidup beberapa waktu meskipun nyawa telah lepas dari badan.

5. Kuku dan Rambut

Ini yang perlu diketahui, bahwa setelah manusia sudah meninggal, jika diperhatikan sekilas kuku dan rambut masih tampak mengalami penumbuhan untuk sementara waktu. Namun, pada kenyataanya tidak demikian.

Kuku dan rambut pada orang yang sudah meninggal terlihat berkembang atau bertambah panjang disebabkan karena seiring waktu kulit akan mengerut atau tertarik sama halnya pada orang yang sedang dehidrasi. Inilah yang sebenanya terjadi pada sekitar kuku dan folikel rambut, sehingga tampak tambah panjang dari sebelumnya.

Memang bisa dibillang tambah panjang, namun bukan berarti masih tumbuh. Proses ini biasanya akan terjadi beberapa saat bahkan beberapa hari setelah kematian.

Baca Juga: Gejala Awal Gagal ginjal yang perlu kamu ketahui, segera periksa jika mengalami nya 

Nah, Itulah beberapa organ tubuh yang masih berfungsi alias bergerak meskipun setelah manusia sudah di vonis mati. Jadi jangan salah paham dulu yah, semua hal diatas bisa dijelaskan secara ilmiah.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel