iklan satu

Apa Betul Golongan Darah Mempegaruhi Sifat Seseorang? Ini penjelasannya

Apakah kamu sudah tau kamu golongan darah apa? Kalau belum sebaiknya kamu perlu untuk memeriksa ke rumah sakit atupun klinik untuk mengetahui golongan darah mu. Sebab, sewaktu-waktu ini diperlukan terkait dengan identitas ataupun kondisi kesehatan yang akan kamu alami.

Dalam tubuh kita mengalir darah dimana digolongan darah tersebut dibagikan menjadi beberapa golongan, seperti contohnya golongan darah bertipe: A, B, AB dan O.

Apa Betul Golongan Darah Mempegaruhi Sifat Seseorang? Ini penjelasannya
golongan darah
Menurut kepercayaan Jepang kuno, golongan darah tersebut dapat menentukan sifat seseorang. benarkah demikian? Yuk simak penjelasan dibawah ini untuk mengetahui jawabnnya:

Golongan Darah Mempegaruhi Sifat?

Meskipun belum terdapat atikel ilmiah yang membenarkan pernyataan tersebut, nyatanya banyak orang yang percaya bahwa golongan darah mempengaruhi pembentukan sifat seseorang.

Golongan darah merupakan sistem pembagian darah berdasarkan antigen dan antibody yang dimiliki oleh darah. Sistem pembagian golongan darah A,B dan O pertama kali dijabarkan oleh ilmuan Austria Karl Landsteiner, hal ini dikemukanan pada tahun 1901 saat terdapat suatu pandangan umum di Japan bahwa golongan darah dapat digunakan untuk memprediksi sifat seseorang. 

Contohnya:
  • Orang yang memiliki golongan darah O disebut-sebut memiliki karakter dan kepribadian yang fleksibel, orang dengan golongan darah Odapat bertahan dalam keadaan apapun, selain itu golongan darah O juga memiliki sifat yang energik dan mudah bersosialisasi. 
  • Sementara itu, orang dengan golongan darah A dipercaya merupakan pekerja keras dan seseorang yang sangat kritis. 
  • Berbeda dengan orang yang bertipe darah B, orang dengan darah ini tidak suka untuk berada dalam keadaan saat mereka kalah. 
  • Sedangkan untuk orang yang berdarah AB dikatakan mempunyai ruang untuk dunia mereka sendiri, dan orang yang bertipe golongan darah AB merupakan golongan yang tidak bisa dipresiksi
Terdapat pertanyaan mengenai golongan darah yang disebut-sebut dapat menentukan sifat manusia, sehingga banyak artikel yang memuat tulisan-tulisan mengenai sifat dalam tiap golongan darah tersebut. Nyatanya, tidak masuk akal apabila sifat seorang manusia dapat ditentukan hanya dari golongan darahnya, karena golongan darah hanyalah sebuah pewarisan dari ayah dan ibu. 

Walaupun sifat manusia memang dipengaruhi juga oleh orang tua mereka, tetapi hal tersebut tidak bermaksud bahwa sifat manusia 100% dapat ditunjukkan berdasarkan golongan darah yang mengalir ditubuh mereka.


Golongan darah yang ada pada tubuh tidak pernah menetukan sifat dan karakter seseorang, karena terdapat banyak sifat yang tidak bisa di defenisikan dan digeneralisasikan begitu saja. Seperti contohnya, sifat pekerja keras yang disebut-sebut dimiliki oleh orang yang bergolongan darah tipe A, mungkin juga dimiliki oleh orang yang bergolongan darah B, O dan AB. 

Jadi defenisi pekerja keras tidaklah mutlak hanyalah dimiliki oleh orang yang bertipe darah A. Karena pada dasarnya semua manusia mempunyai sifat untuk senantiasa bekerja keras.

Selain itu, terdapat beberapa golongann darah lain yang sangat langka seperti golongan darah M, MN dan N. Golongan darah ini pertama kali ditemukan oleh Karl Landsteiner dan Philip Levine pada tahun 1976, 76 tahun setelah para peneliti menemukan golongan darah A,B, AB dan O. 

Golongan darah M, MN dan N masing-masing disebabkan oleh adanya perbedaan salah satu jenis anti gen glikoprotein. Antigen glikoprotein ini terdapat pada sel darah merah yang biasa diebut dengan glikoforin A. Golongan darah bertipe unik ini sangat jarang ditemukan di tubuh manusia sehingga belum terdapat artikel yang merumuskan orang dengan tipe darah M, MN dan N.

Faktor Lain Yang Menentukan Sifat

Sifat manusia terbentuk semasa ada dalam kandungan, 50% sifat yang ada berasal dari ayah dan ibunya, faktor ini dinamakan dengan faktor genetik. Dimana sifat dan karakter yang dimiliki orang tua kemungkinan menurun kepada anak, dan sisanya merupakan pengaruh berbagai hal yang dapat mempengaruhi sifat antara lain ialah:
Apa Betul Golongan Darah Mempegaruhi Sifat Seseorang? Ini penjelasannya
yang mempengaruhi sifat
Keluarga
Dalam pembentukan sifat seseorang, seorang anak yang selalu diajarkan nilai-nilai kebaikan dan juga dipenuhi kasih sayangnya oleh keluarga, maka ketika besar anak tersebut bisa melakukan kebaikan juga. pendidikan sedari dini tentang nilai-nilai dan moral yang diajarkan oleh orang tua dirumah sangat membawa pengaruh dalam menentukan sifat sesorang nantinya.

Teman dan Lingkungan
Cotohnya diibaratkan yakni berteman dengan penjual minyak wangi dan seorang pandai besi. berteman dengan penjuak ninyak wangi akan memberikan keharuman saat kita mendekatinya, sedangkan jika berteman dengan pandai besi maka kita pun secaratidak langsung akan terkena percikan besi nya.

Itulah jawaban mengenai Apa betul golongan darah dapat mempegaruhi sifat seseorang. Kesimpulannya ialah, kepribadian seseorang tidak dapat dinilai hanya dari golongan darah, sebab faktor keluarga, lingkungan dan sosial disekitarnya sangatlah berperan penting dalam pembentukan karkter.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel