iklan satu

Ulat Sagu, Makanan Khas Papua yang Nikmat dan kaya akan Manfaat

Ulat Sagu atau dengan nama latin Rhincophorus Ferrugineus atau dikenal juga dengan sebutan Red Palm Weevil. Ulat jenis ini biasanya dijumpai pada pohon sagu. Ulat ini berasal dari jenis Kumbang Merah Kelapa (Rhincophorus Ferrugineus) yang bertelur pada batang pohon yang tumbang dan membusuk, telur-telur ini kemudian menjadi larva dan terus berkembang menjadi ulat sebelum menjadi kumbang dewasa.
ulat sagu
Jika kita melihat sekilas pasti cukup geli dengan bentuk tubuhnya yg gemuk, putih kekuningan, dengan ujung kepala yang agak hitam cokelat dan perutnya yang terus meliuk. Bagi sebagian orang, hal ini kelihatan menjijikkan apalagi kalau sampai dimakan.

Tapi tunggu dulu, ulat sagu telah menjadi makanan khas di daerah timur Indonesia, khususnya di Papua. Ulat sagu telah menjadi hidangan favorit di kalangan masyarakat pesisir Papua, ini disebabkan karena banyaknya pohon sagu yg tumbuh pada kawasan ini, sehingga ulat sagu banyak dijumpai.

ulat sagu
Pertanyaanya sekarang apakah ulat sagu ini boleh dimakan? Bagaimana rasanya? Apa saja kandungannya? Manfaatnya bagi kesehatan apa?

Berikut ulasannya:

Boleh dimakan?
Ya, tentu saja boleh bagi yang berminat. Bagi kamu yang penasaran dengan rasanya bisa mencoba dengan diolah dengan cara dibakar (disate), dimasak, maupun di goreng. Jika mau lebih ekstrem lagi kamu bisa langsung memakannya hidup-hidup, tentunya sensasinya akan lebih berbeda.

Soal rasa, tidak perlu ditanyakan lagi. Ulat sagu mempunyai tekstur yang lunak didalam dengan rasa yang gurih, dangan sedikit asin dan kayak ada manis manisnya gitu hihhi. Yang jelas kalau kamu sudah coba pasti mau nambah lagi deh.


Kandungan Gizi?
Bukan hanya rasanya yang nikmat, ternyata ulat sagu juga banyak mengandung gizi. Dalam 100 gram nya, terkandung protein sekitar 9,34%, selain itu juga terdapat kandungan asam emino esensial (asam aspartat 1,84%), (asam glutamat 2,72%), (tirosin, 1,87%), (lisin 1,97%), (methionin (1,07%).

ulat sagu
Manfaat?
Dengan melihat kandungan yang terdapat pada ulat sagu diatas, tentunya akan sangat bermanfaat bagi tubuh kita, karena bebas dari kolestrol. Lalu apa saja manfaat kesehatan yang kita dapat ketika mengkonsumsinya?

1. Meningkatkan Imunitas
Menjaga sistem imun sangat penting agar tubuh bisa menolak berbagai penyakit yang menyerang tubuh. dengan kandungan gizi yang terdapat pada ulat sagu diatas, bisa membantu meningkatkan imun tubuh kita. Bagi kamu yang merasa sedang lemas bisa nih mengkonsumsi ulat sagu.

2. Sumber Energi
Jika kita melihat kandungan yang ada, Ulat sagu ini bisa menjadi pengganti makanan pokok seperti nasi, jagung, ubi maupun kentang. Tapi kembali lagi, sebagai lidah orang indonesia, belum namanya makan jika belum makan nasi. Jadi ulat sagu bisa dijadikan lauk pendamping nasi.

3. Kecerdasan Otak
Protein yang terkandung dalam ulat sagu sangat baik untuk membantu perkembangan dan kecerdasan otak. Oleh karena itu, ulat sagu sangat baik untuk di berikan kapada anak yang dalam masa pertumbuhan.

4. Menghilangkan Stress
Asam amino (isoleusin, leusin, histidin, feninalanin) mempunyai peran dalam memproduksi Serotoinin, yaitu zat kimia otak yang dapat memperbaiki suasana hati maupun siklus tidur.


Bagaimana, dengan membanca manfaat kesehatan dan kandungan yang ada dalam tubuh ulat sagu, diatas, sudah berani coba? Yang pasti rasa jijik yang ada dalam pikiranmu buang jauh-jauh dulu, yang perlu di pertimbangkan yaitu manfaatnya.













Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel