iklan satu

Tentang Mie Instan, sebenarnya baik atau tidak untuk tubuh?

Bagi warga indonesia, mie instan menjadi salah satu jenis makanan yang paling populer. Bagaimana tidak hampir setiap rumah mempunyai stok mie instan. Selain sebagai menu hidangan untuk menemani nasi dan lauk (pengganti sayur), ada juga yang memang menyimpan persediaan Mie Instan karena hobi.
mie instan
Hal diatas terjadi tentunya karena selain praktis, Mie Instan juga kini mempunyai berbagai varian rasa, tidak sedikit jenis kuliner nusantara kini sudah ada dalam bentuk Mie Instan nya. Hal inilah yang membuat Mie Instan makin digemari utamanya bagi remaja dan anak-anak.

Namun, jika berbicara tentang mengkonsumsi Mie Instan seringkali muncul pertanyaa, apakah jenis makanan yang satu ini baik bagi tubuh? atau malah sebaliknya? 

Yuk simak beberapa fakta tentang Mie Instan berikut ini:

Bikin Gemuk?
Seringkali muncul pertanyaan, apakah Mie Instan akan membuat badan makin gemuk?
Mie Instan memang bisa bikin gemuk tapi itu kalau kamu memakannya dalam porsi yang tidak masuk akal (besar). Perlu diketahui, Mie Instan mengandung energi total sebesar 390 kalori atau hanya sekitar 20% kebutuhan energi harian. 

Soalnya Mie Instan memang tidak dianjurkan untuk dimakan secara berlebihan, apalagi setiap hari. Karena, memang Mie Instan tidak bisa mencukupi kebutuhan kalori, dan ingat kandungan Mie Instan bisa bertahan lama di perut loh.

Baca juga: Perkenalkan, Ini Dia Hewan Paling Santai di Dunia, Asli Santuy, Mager, Tukang Tidur

Bikin Usus Melar?
Katanya kalau makan Mie Instan bisa membuat usus menjadi melar. Benar gak sih?
Ternyata ungkapan tersebut hanyalah hoax belaka. Banyak yang beranggapan kalau makan Mie Instan itu bisa bikin perut penuh. Padahal sebenarnya tubuh hanya membutuhkan waktu lebih lama saat memprosesnya. Jadi bukan berarti usus kamu akan menjadi melar ya.

Bisa Menyebabkan Kanker?
Bukan cuma rokok, Mie Instan ternyata juga bisa menyebabkan timbulnya penyakit kanker jika dikonsumsi secara berlebihan. hal ini dikarenakan dalam satu bungkus Mie Instan memiliki kandungan Sodium dan Karbohidrat yang tinggi dimana itu bisa memicu kanker dalam diri kamu.
Bayangkan saja, satu bungkus Mie Instan terdapat bumbu, bubuk cabai, minyak, mie kering dan mie kering yang mengandung karbohidrat yang tinggi. Jika dimasak, campuran ini mengandung 2.700mg sodium. Padahal asupan sodium dianjurkan tidak lebih dari 2000-2400mg (setara dengan satu sendok garam) setiap harinya.

Ada sebuah riset menarik menunjukkan bahwa jika mengkonsumsi Mie Instan selama 2 minggu berturut-turut, 68% diantaranya dapat menyebabkan gangguan pada metabolisme. Kalau sudah begini maka resiko lain seperti hipertensi, kolestrol dan diabetes sangat mungkin untuk mengancam kita.

mie instan
Di Indonesia, seringkali pedagang Mie Instan menyajikannya dengan wadah Styrofoam. Nah kandungan zat kimia yang ada dalam styrofoam inilah yang dapat memicu terjadinya kanker. Maka dari itu hindari penggunaan styrofoam untuk penyajian makanan khususnya makanan panas seperti Mie Instan.

Nah itulah beberapa fakta tentang efek mengkonsumsi Mie Instan bagi tubuh. Mie Instan memang  menjadi salah satu makanan surga duniawi yang hakiki. Namun, dalam mengkonsumsinya jangan sering sering ya, karena jika kita makannya secara berlebihan maka tidak menutup kemungkinan malah membuka jalan kita ke surga malah jadi lebih cepat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel