iklan satu

Simpel, 9 Tips Hidup Sehat Ala Rosulullah yang Perlu Kita Amalkan Sehari-hari

"Sehat itu mahal", ungkapan tersebut seringkali kita dengar, tapi pada kenyataannya Sakit lah yang mahal. Saat sakit maka kita akan mengeluarkan biaya sesuai dengan penyakit yang kita alami, mulai dari membeli obat, biaya perawatan, biaya operasi dan lain-lain.
hidup sehat ala rosulullah
Seumur hidupnya, Rosulullah SAW hanya mengalami sakit dua kali. Pertama ketika di racun oleh seorang wanita Yahudi yang memberikan makanan kepada Rosulullah di madinah, yang kedua saat menjelang beliau wafat.

Baca Juga: Memutihkan Gigi dirumah Dengan Bahan Alami, Caranya mudah dan simpel, gunakan salah satu dari 3 bahan ini

Hal tersebut menunjukkan bahwa Rosulullah sangat baik dalam menjaga pola hidup sehat, apa rahasianya? Yuk simak tips hidup ala Rosulullah SAW berikut:

1. Menjaga Pola Makan
Rosulullah tidak makan sebelum lapar dan tidak berlebihan dalam makan. Gaya hidup yang dijalani oleh Rosulullah sungguh bisa dijadikan teladan bagi umat zaman sekarang, karena hal ini terbukti menyehatkan tubuh, sebab kebutuhan nutrisi makanan dalam tubuh tidak boleh kurang dan tidak boleh lebih.

2. Cepat Tidur dan Cepat Bangun
Rosulullah tidak menganjurkan umatnya untuk begadang, hal inilah yang melatari beliau tidak suka berbincang-bincang dan makan selepas waktu sholat isya. Jika sudah waktunya tidur, maka Rosulullah akan cepat tidur. 

Waktu tidur yang tepat dimalam hari yaitu selepas sholat isya, sebelum jam 10 malam, kemudian sekitar pukul 03.00 sudah bangun di sepertiga malam untuk melakukan sholat malam. 

Posisi tidur yang baik menurut Rosulullah yaitu merebahkan badan ke sebelah kanan, posisi seperti ini lebih menyehatkan bagi tubuh kita.

3. Sering Berpuasa
Rosulullah SAW sangat menganjurkan bagi ummatnya untuk berpuasa, baik itu puasa sunnah maupun ibadah yang wajib saat bulan Ramadhan. Puasa bisa dibilang sangat ajaib karena dapat menyembuhkan berbagai penyakit seperti tekanan darah tinggi, diabetes, asma dan saluran pernafasan, penyakit kulit (alergi), mencegah penyakit paru-paru dan masih banyak lagi sehingga puasa dianggap senjata paling ampuh dalam dunia kedokteran.

4. Tidak Mudah Marah
Dalam nasehat "jangan marah" diulangi sampai tiga kali. Ini menunjukkan jika kekuatan seseorang bukanlah terletak pada jasad, melainkan pada kebersihan jiwa. Tidak mudah marah juga terbukti menyehatkan tubuh.

Dalam sebuah jurnal Wake Forest University of medicine memaparkan bahwa sering marah membuat seseorang menjadi muda terkena penyakit jantung. Makanya jangan suka marah-marah ya, nanti cepat tua.

Menjaga Kebersihan
Rosulullah senantiasa tampak bersih dan rapi. Setiap kamis atau jumat, beliau mencukur rambut halus di pipi, memetong kuku, bersisir, dan memakai minyak wangi. Rosulullah juga sangat menjaga kebersihan mulut dan gigi seperti dalam sunnah beliau yaitu bersiwak.

Rajin Olahraga
Rosulullah pun melakukan berbagai jenis olahraga yang menunjukkan bahwa tubuh beliau tidak hanya sehat tetapi juga kuat. Bahkan memanah dan berenang pun di sunnah kan dalam sebuah hadist.

Berjalan kaki
Rosulullah salalu berjalan kaki ke masjid, pasar, medan jihad, mengunjungi rumah sahabat dan sebagainya. Dengan berjalan kaki, keringat akan mengalir, pori-pori terbuka, dan peredaran darah akan lancar. Ini penting untuk mencegah penyakit jantung.

Baca Juga: Tentang Mie Instan, sebenarnya baik atau tidak untuk tubuh?

Bersosialisasi
Rosulullah sangat gemar dalam bersosialisasi. Dalam sebuah study di Harvard School of Public Health menemukan bahwa pria berusia 70 tahun yang memiliki hubungan sosial yang baik memiliki kemungkinan lebih kecil mengalami kerusakan penyakit jantung.

Seperti yang kita ketahui, Rosulullah memiliki sangat banyak sahabat dan senantiasa menjaga silaturahmi dengan kerabat serta bertetangga dengan baik.

Bekam
Dalam sebuah hadist rosulullah menganjurkan untuk Berbekam. Bekam dapat mengeluarkan darah-darah kotor yang ada dalam tubuh kita sehingga dianjurkan untuk dilakukan.

Itulah 9 tips sehat ala Rosulullah SAW yang patut kita amalkan dalam menjaga kesehatan, yuk amalkan sunnah-sunnah beliau, karena selain baik bagi kesehatan juga insyaAllah kita akan mendapatkan ganjaran pahala jika kita menjalankannya dengan ikhlas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel