iklan satu

Penyakit Jantung Kini Mengintai Usia Muda, ini alasannya, hindari kebiasaan berikut

Bukan hanya menjadi penyakit paling mematikan di Indonesia, Penyakit jantung juga masuk dalam daftar penyakit paling mematikan di dunia. Pada umumnya, Penyakit jantung ataupun serangan jantung dialami oleh seseorang pada usia diatas 45 tahun. Namun, saat ini penyakit jantung pun sudah banyak dialami oleh kaum muda.
sakit jantung mengintai usia muda
Berdasarkan hasil penelitian Journal of The American Collage of Cardiologi, dari 1,426,168 orang dewasa muda yang mengalami serangan jantung, 19,2% diantaranya masuk ke dalam kelompok usia 18-44 tahun, sementara sebesar 80,8% masuk ke dalam kelompok usia 45 -59 tahun.

Kita seringkali tidak menyadari pentingnya menjaga kesehatan jantung, padahal imbasnya bisa merenggut nyawa. Yuk kita kenali penyakit jantung dan mengapa bisa penyakit jantung menyerang anak muda? berikut ulasannya:

Apa itu penyakit Jantung?
Penyakit jantung adalah kondisi dimana terganggunya pembuluh darah jantung, otot jantung, katup jantung, atau bahkan gangguan pada ritme jantung. 

Salah satu penyakit jantung yang paling banyak terjadi adalah "penyakit jantung koroner", umumnya penyakit ini diawali dengan rasa nyeri atau rasa tertekan pada dada yang diakibatkan oleh penyumbatan aliran darah pada jantung.

Selain itu, penderita penyakit jantung juga cenderung merasakan detak jantung yang cepat atau tidak teratur, merasakan sangat lelah, mual, pusing dan berkeringat yang tidak wajar.

Penyakit jantung dapat terjadi pada siapapun terutama mereka yang memiliki riwayat kolestrol tinggi, tekanan darah tinggi, obesitas, diabetes, gaya hidup yang tidak sehat seperti stress atau merokok dan ditambah lagi jika memiliki riwayat dalam keluarga yang pernah mengalami penyakit jantung ataupun serangan jantung.


Mengapa Usia Muda Bisa Terkena Penyakit Jantung?
Tentunya perubahan gaya hidup berperan dalam terjadinya penyakit jantung di usia muda. Anak muda saat ini cenderung kurang dalam melakukan aktifitas fisik seperti olahraga dan jalan kaki, ini disebabkan karena kaum muda kini dimanjakan dengan tekhnologi yang serba mudah. Selain itu kaum muda kini lebih memilih untuk mengkonsumsi makanan cepat saji atau junk food, dibandingkan mengkonsumsi sayur dan bauh-buahan.

Pencegahan?
Sebagai pencegahan, yang harus dilakukan tentunya dengan mengurangi faktor resiko penyebab penyakit jantung itu sendiri seperti kolestrol, diabetes,  tekanan darah tinggi dengan cara banyak mengkonsumsi buah, sayuran dan makanan yang tinggi akan Omega3, dan jangan lupa juga harus kurangi gula, garam dan lemak jenuh, Tentunya kita juga harus meningkatkan gaya hidup yang lebih sehat dengan cara berolahraga dan meluangkan waktu untuk melepaskan stress setelah kita bekerja.


Perawatan penyakit jantung?

Stadium awal :
untuk penyakit jantung dengan stadium awal, penyakit ini dapat ditangani dengan operasi kecil yaitu pemasangan ring jantung. Biaya yang dikeluarkan dalam pengobatan ini bisa mencapai 50-70 juta.

Stadium lanjut :
Dalam kondisi ini diperlukan untuk dilakukan operasi terbuka pada dada (Bypass jantung) untuk memperbaiki pembuluh koroner. Biaya yang dikeluarkan dalam pengobatan ini mencapai 150-200 juta.

Bagimana, sangat besar bukan biaya yang akan kita keluarkan dalam pengobatan penyakit jantung. Oleh karena itu sangat penting bagi kita untuk selalu menjaga kesehatan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel