iklan satu

Mambruk, Jenis Burung Dara Tercantik dan Terindah di Dunia Yang Berasal dari Papua

Mambruk/Goura (burung dara mahkota) merupakan jenis anggota keluarga burung merpati (Columbidae). Di Indonesia sendiri hewan cantik yang satu ini hanya dapat di jumpai di pulau papua, kalaupun ada di pulau lain itu pun hanya dapat dijumpai saat berkunjung ke kebun binatang, karena Mambruk merupakan hewan asli Papua.
Burung Mambruk
Burung cantik ini terbagi menjadi tiga type yaitu Mambruk Ubiaat, Mambruk Victoria dan Mambruk Selatan. Burung ini bisa dibilang memiliki ukuran tubuh yang besar dibandingkan dengan jenis burung dara yang lain.

Baca Juga: Ulat Sagu, Makanan Khas Papua yang Nikmat dan kaya akan Manfaat

Jika melihat burung ini secara langsung, kamu mungkin akan bertanya-tanya: apakah burung ini bisa terbang dengan badannya yang besar dan bulat? dari pada penasaran yuk simak lebih jauh tentang Mambruk:
burung mambruk
Cantik dan Unik
Memiliki panjang yang mencapai 74 sentimeter dengan badan yang terlihat bulat, memliki bulu berwarna biru keabua-abuan dengan warna merah tua keunguan pada bagian dada nya, kaki nya berwarna merah kusam dan paru nya berwarna abu-abu. Dan yang membuat hewan ini makin cantik yaitu mahkota unik yang ada pada kepalanya.

Karena keunikan dan kecantikannya ini, Mambruk pernah diabadikan pada uang koin logam tahun 1971 yaitu pecahan 25 rupiah keluaran Bank Indonesia. Dan kini Mambruk sudah dijadikan ikon salah satu kota di Papua, yaitu Manokwari.

Kehidupan Mambruk
Mambruk bersarang diatas pohon, sarangnya dibuat dari ranting-ranting kecil dan daun. Biasanya mambruk betina hanya mengeluarkan satu telur berwarna putih. burung mambruk memakan buah dan biji-bijian yang jatuh diatas tanah ataupun cacing. Mambruk hanya akan terbang jika terkejit dan merasa terancam.

Spesies ini umunya hidup berpasang-pasangan atau membentuk kelompok-kelompok kecil saat mencari makan.

Baca Juga: Perkenalkan, Ini Dia Hewan Paling Santai di Dunia, Asli Santuy, Mager, Tukang Tidur

Terancam Punah
Memiliki badan yang tergolong besar seperti ayam, tampaknya menjadi alasan hewan ini diburu untuk dijadikan santapan, bulunya yang indah pun turut menjadi alasan mengapa hewan ini sering di buru.

Selain itu, akibat dari penebangan pohon besar-besaran yang terus dilakukan menjadikan Mambruk makin sulit untuk dijumpai disekitar pemukiman manusia. Padahal menurut warga papua, dahulu mambruk itu bisa jinak seperti ayam dan bisa dipelihara (dilepaskan dipekarangan rumah).

Itulah sedikit ulasan tentang burung Mambruk, dengan melihat populasi mambruk yang semakin jarang ditemui, semoga kita menjadi makin sadar dan terus menjaga kelestarian hutan bersama agar satwa unik nan cantik seperti mambruk ini terus tetap hidup di alam Papua.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel