iklan satu

Kasumba Bugis, Obat Tradisional dari Sulawesi Selatan Yang Ampuh Mengatasi Cacar air hingga Serampa

Kasumba bugis atau biasa juga disebut kesumba turate atau yang dalam bahasa latinnya disebut dengan nama Carthamus tinctorius L./Safflower merupakan tumbuhan rempah yang dijadikan obat tradisional dari daerah sulawesi selatan sejak nenek moyang dan terus diturunkan hingga saat ini.

Kesumba Bugis, Obat Tradisional dari Sulawesi Selatan Yang Ampuh Mengatasi Cacar air hingga Serampa
kesumba bugis/kesumba turate

Kasumba bugis ini berbeda dengan saffron meskipun sekilas bentuknya sama, Saffron berasal dari bunga Crocus sativus, tanaman jenis ini tumbuh di daerah timur tengah seperti Iran dan Khasmir. Sedangkan kesumba bugis sendiri berasal dari sejenis tanaman benalu yang biasanya menempel (numpang tumbuh) pada tanaman lain yang lebih besar misalnya jeruk buah, jeruk nipis kapuk dan lain-lain. Sumber lain juga mnyebutkan jika kesumba bugis berasal dari putik bunga teratai sehingga disebut dengan kesumba turate.

Baca Juga: PSIKOPAT, Begini Ciri-Ciri dan Kelakuan Mereka Dalam Kehidupan Nyata

Tanaman ini mulanya dipetik, kemudian akan dijemur terlebih dahulu hingga berwarna merah. Ada sebuah anggapan yang diyakini oleh masyarakat bugis-makassar jika tanaman ini harus diambil dengan menggunakan tangan langsung (tidak menggunakan alat bantu seperti penjolok dll), waktu mengambilnya pun disarankan di pagi hari.

Mengapa demikian? hal ini tentunya merupakan saran yang diikuti dari orang tua sejak jaman dulu untuk tetap menjaga khasiat yang diberikan bagi kesehatan.

Bagi masyarakat bugis-makassar sendiri, sangat kurang rasanya jika tidak memiliki persediaan kesumba bugis ini dirumah. Bahkan jika pergi merantau ke daerah lain, kesumba bugis akan menjadi barang yang akan selalu dibawa, tujuannya sendiri yaitu untuk dijadikan obat herbal atau tradisional jika mengalami masalah kesehatan seperti demam, cacar air hingga serampa.

Cara menggunakan kesumba bugis/kesumba turate:


Untuk cara menggunakannya bisa dibilang sangat mudah dan simpel, kita hanya perlu mengambil 1 sendok kesumba bugis, kemudian sediakan air panas sebanyak 200ml, rendam sampai air menjadi kemerahan dan kemudian dinginkan, ramuan tradisional ini pun siap diminum. Untuk waktu meminumnya sendiri bisa 3 kali sehari.

Baca Juga: Bau Mulut Saat Puasa, Lakukan cara berikut untuk mengatasinya

Nah itulah sedikit pembahasan mengenai Kesumba bugis/Kesumba turate, ramuan tradisional dari sulawesi selatan yang diyakini ampuh dalam mengatasi penyakit seperti cacar air. Meskipun belum ada penelitian yang secara khusus meneliti tentang kebenaran ini, namun tidak ada salahnya untuk mencoba, karena tidak ada efek samping yang ditimbukan akibat mengkonsumsi ini.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel