iklan satu

Bau Mulut Saat Puasa, Lakukan cara berikut untuk mengatasinya

Bau mulut saat berpuasa, seringkali membuat kita canggung dalam berkomunikasi langsung dengan orang lain. Entah karena malu, ataupun takut mengganggu kenyamanan orang yang kita ajak berkomunikasi jadi terganggu akibat aroma yang dikeluarkan dari mulut kita.
Bau Mulut Saat Puasa, Lakukan cara berikut untuk mengatasinya
bau mulut saat puasa, lakukan cara berikut untuk mengatasinya
Masalah bau mulut akut atau yang disebut dengan istilah "halitosis"  yang sering kita alami saat berpuasa memang sesuatu yang tidak dapat dihindari, hal ini memang wajar terjadi dikarenakan tubuh kalian tidak mendapat asupan makan atau minum selama kurang lebih 14 jam. 
Bau mulut saat berpuasa ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, diantaranya:
  • Sisa-sisa makanan yang masih tertinggal dalam mulut
  • Berkurangnya air liur dalam mulut
  • Kadar keasaman dalam mulut tidak seimbang
  • Saat berpuasa, tubuh membakar lemak sebagai pengganti karbohidrat
  • kondisi mulut yang tidak prima (gigi berlubang, sariawan, karang gigi, dll)
  • Punya riwayat sinusitis
  • Gangguan saluran pencernaan (Mag)

Namun, diantara beberapa penyebab diatas, yang paling umum adalah sisa-sisa makanan yang masih tertinggal didalam mulut setelah kita sahur, yang memicu timbulnya bakteri atau parasit penyebab bau mulut. Lalu bagaimana cara untuk mengatasi hal tersebut, berikut beberapa cara yang dapat kamu lakukan:

Hindari Beberapa Hal

Untuk mencegah bau muut saat berpuasa, ada baiknya jika kalian menghindari makanan yang berbau menyengat saat sahur, seperti jengkol, petai, atau bawang bombai. 

Selain itu, hindari juga makanan yang mengandung kadar gula tinggi, karena hal tersebut dapat memancing bakteri penyebab bau mulut untuk berkembang biak lebih cepat.

Sikat Gigi

Setelah sahur jangan lupa untuk sikat gigi, agar sisa-sisa makanan di sela-sela gigi bisa terangkat, karena ini akan memicu bakteri berkembang biak lebih cepat sehingga mulut akan menjadi bau. 

Sikat gigi di siang atau sore hari hari juga bisa menjadi cara untuk menghilangkan bau mulut saat berpuasa, caranya cukup membasahi dengan air saja, tidak perlu menggunakan pasta gigi. Tapi cara ini harus dilakukan dengan hati-hati yah, jangan sampai malah airnya ketelan.

Berkumur

Banyaknya bakteri di dalam mulut dapat menimbulkan bau mulut, sehingga cara terampuhnya dengan membunuh bakteri tersebut. Oleh karena itu, berkumur dengan menggunakan cairan mothwash merupakan salah satu cara ampuh untuk menghilangkan bau mulut, kamu bisa membelinya diapotik.

Tapi buat kalian yang tidak memiliki cairan mouthwash, kalian bisa berkumur dengan menggunakan bahan alami seperti air garam, atau pada saat sahur kalian bisa bekumur dengan air lemon, cara tradisional ini terbukti ampuh dalam membunuh bakteri yang ada didalam mulut.

Bersihkan Lidah

Selain gigi, lidah juga menjadi sarang bakteri, sehingga dapat mengakibatkan bau mulut. Nah jika kalian merasa nafas kalian bau, kalian bisa membersihkan lidah dengan alat khusus pembersih lidah, ini dilakukan tanpa pasta gigi dan air, yang harus dipastikan, alat yang digunakan bersih dan steril.

Itulah beberapa cara menghilangkan bau mulut yang mengganggu saat berpuasa. Kamu bisa mempraktekkan cara tersebut jika merasa mengalami mulut atau nafas bau, agar puasa kamu tetap berjalan lancar dan tetap bisa lebih percaya diri dalam berinteraksi secara langsung dengan orang disekitar.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel