iklan satu

5 Hewan Ini Bisa Menghasilkan Benda dengan Nilai Jual Tinggi, bisa dijadikan referensi bisnis

Hewan merupakan salah satu makhluk yang mempunyai banyak manfaat bagi kehidupan manusia, mulai dari dagingnya yang bisa dikonsumsi hingga sekedar untuk dijadiakan hewan peliharaan karena bentuk dan kemamouannya yang unik.

Bukan hanya itu, beberapa jenis hewan justru memiliki nilai ekonomi, bahkan terdapat beberapa hewan yang mampu menghasilkan benda-benda yang memiliki nilai jual yang tinggi dan fantastis. Sebab, tingkat kesulitan untuk mendapatkan atau proses produksinya yang tergolong tinggi. 

Apa saja hewan yang mampu mengasilkan benda dengan nilai jual tinggi? yuk simak ulasan berikut ini:
luwak
Luwak
Luwak merupakan sejenis hewan musang yang sangat suka mengkonsumsi biji kopi, namun biji kopi tersebut tidak bisa dicernanya dengan baik, akhirnya biji kopi yang dimakannya keluar bersama kotoran dalam kondisi yang masih utuh. Seperti yang kita kenal saat ini dengan nama "Kopi Luwak" 

Kopi luwak merupakan kopi bergengsi dengan harga jual yang terbilang tinggi yang sebenarnya berasal dari kotoran hewan luwak, nilai jual yang tinggi ini didukung oleh proses pengolahan yang tidak lazim, rumit dan cukup langka. Meski demikian, kopi tersebut memiliki aroma dan rasa yang lebih nikmat.

ulat sutra
Ulat Sutra
kamu pernah menggunakan kain sutra? jika iya berarti kamu tergolong beruntung karena kain sutra berharga mahal. Sutra merupakan serat protein alami yang berasal dari larva dan bisa diolah menjadi kain tenun. 

Sutra memiliki teksur lembut, mulus dan tidak licin. Daya tarik sutra teletak pada bias cahaya yang dihasilkannya. Bukan hanya ulat sutra ternakan, ulat sutra liar juga menghasilkan sutra yang berkualitas, hanya saja jumlah produksinya lebih rendah dan kepompongnya sudah mengalami kerusakan akibat gangguan ngengat. Ulat sutra liar sering digunakan sebagai bahan pembuatan kain sutra sejak dahulu.

kerang
Kerang
Sudah bukan menjadi rahasia jika mutiara adalah perhiasan idaman kaum hawa dengan harga yang selangit. Bentuknya yang anggun nan mengkilap sangat menarik perhatian. Mutiara berasal dari hewan bernama kerang, kerang merupakan hewan laut bercangkang yang mampu menghasilkan mutiara secara alami. 

Bukan cuma sebagai perhiasan, kini mutira juga telah dikembangkan menjadi bahan kunci dalam pembuatan kosmetik.


burung walet
Burung Walet
Burung walet cukup banyak diperlihara oleh masyarakat lokal karena memili nilai jual yang tinggi. Burung walet mampu menghasilkan sarang dari air liur kentalnya, sarang burung tersebut dapat dikonsumsi dan memiliki nilai gizi yang tinggi dan mempunyai beragam khasiat bagi kesehatan. Hal inilah yang membuat mengapa sarang burung walet bernilai ekonomi tinggi, harga sarang burung walet ini bisa mencapai belasan juta per kilogram.
Sejarahnya, sarang burung walet awalnya sering dikonsumsi orang-orang China, kebiasaan mengkonsumsi sarang burung walet kini sudah tersebar ke penjuru dunia termasuk juga Indonesia.

lebah
Lebah
Kebanyakan masyarakat awam mengetahui bahwa lebah hanya mampu menghasilkan madu sebagai produk yang dinikmati oleh manusia. Padahal, Lebah juga menghasilkan bee pollen, royal jelly dan propolis. 

Diantara semuanya, propolis memiliki harga yang paling mahal, hal ini dikarenakan propolis merupakan air liur lebah yang jumlahnya sangat sedikit dan khasiatnya paling kuat. Manfaat propolis dapat meningkatkan imunitas dalam tubuh, bahkan sebuah riset di Amerika menyebutkan bahwa propolis yang dihasilkan berpotensi menghambat pertumbuhan virus HIV.


Itulah beberapa hewan yang mampu menghasilkan benda dengan nilai jual yang tinggi sekaligus bermanfaat bagi manusia dalam hal kecantikan maupun kesehatan. Bagaimana? kamu tertarik memelihara salah satu atau bahkan beberapa dari hewan tersebut untuk dijadikan ladang bisnis.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel