iklan satu

Pria Wajib Tahu! cara menjaga kualitas dan kesehatan sperma

Setiap pria pasti mendambakan kesehatan fisik, tak terkecuali dalam konsep kejantan. Kesuburan reproduksi menjadi tantangan tersendiri bagi setiap pria. Dalam hal ini kesehatan dan kualitas sperma yang diproduksi menjadi hal yang sangat penting.

kualitas dan kesehatan sperma

Sebuah analisis pernah dilakukan pada tahun 2017 terhadap 43 ribu orang pria dan menyimpulkan hasil bahwa di seluruh dunia jumlah sperma mengalami penurunan sejak tahun 1973 sampai dengan tahun 2011.

Tentunya sebagai pria menjadi perhatian tersendiri dari analisis diatas, fenomena diatas merupakan peringatan agar pria menjadi lebih peduli terhadap kesuburan maupun kualitas sperma.

Sebagai pria menjaga kesuburan sperma penting karena tidak hanya dapat menyebabkan pasangan sulit hamil, namun juga kualitas sperma yang buruk dapat berdampak pada kesehatan bayi yang akan lahir.

Lantas bagaimana cara menjaga kualitas dan kesehatan sperma? 

1. Rutin Olahraga

Penelitian terbaru mengungkapkan bahwa olahraga menjadi  salah satu faktor penting bagi kesuburan pria. Bukan hanya bagi kebugaran tubuh, olahraga secara rutin akan membantu menjaga kesehatan dan kualitas sperma. Selain itu olahraga tentunya dapat mencegah terjadinya Obesitas.
Olahraga yang bisa dilakukan diantaranya:
  • Joging
  • Berenang 
  • Senam Yoga
  • Bersepeda
Tentunya olahraga-olahraga diatas dilakukan tidak berlebihan (tidak dipaksakan), yang justru dapat menimbulkan kelelahan fisik maupun cedera yang berarti. Lakukanlah sesuai dengan kemampuan kita.


2. Menjaga Pola Makan

Mkanan merupakan salah satu faktor eksternal yang dapat mempengaruhi kualitas sperma. Meski tidak secara langsung, menjaga pola makan yang baik akan membuat tubuh menjadi lebih sehat. Bukan hanya itu, makanan bergizi juga dapat meningkatkan gairah sexual pria alias libido. Kandungan makanan yang dapat meningkatkan kualitas sperma diantaranya: 
  • Tiram, mengandung zinc
  • Coklat hitam, mengandung asam amino
  • Bawang putih, mengandung alicin dan selenium
  • Pisang, mengandung enzim yang disebut bromelain
  • Brokoli, mengandung vitamin A
  • Kacang kenari, mengandung asam lemak omega 3
  • Gingseng, meningkatkan kadar testosteron
3. Pakaian Dalam 

Pemakaian celana dalam yang terlalu ketat dapat membuat suhu testis menjadi lebih meningkat (lebih tinggi). Peneliti telah memaparkan jika seorang pria yang menggunankan celana dalam yang ketat memiliki resiko penurunan kualitas sperma lebih besar dibandingkan dengan pria yang menggunakan celana dalam yang lebih longgar. 
Oleh karena itu disarankan bagi pria untuk menggunakan celana dalam yang lebih longgar seperti boxer agar lebih nyaman dan membuat suhu testis tetap dingin.

4. Kurangi Alkohol dan Kafein

mengkonsumsi Alkohol dan kafein dapat menurunkan kadar testosteron yang tentunya berakibat pada kualitas dan jumlah sperma yang diproduksi. Alkohol juga dapat membuat gairah sexual pada pria menurun dan menyebabkan impotensi. 
Sedangkan kafein jika dikonsumsi secara berlebih bisa memicu meningkatnya radikal bebas yang berpotensi mengganggu proses pematangan sperma.

5. Kurangi Merokok

Paparan berbagai bahan kimia yang terkandung dalam rokok seperti nikotin, timah dan kadmium dapat mengganggu kualitas kesehatan sperma yang membuat sperma sulit untuk membuahi sel telur. 
Selain itu, Kerusakan DNA sperma ini juga dinilai bisa membuat peningkatan resiko gangguan perkembangan janin, resiko keguguran hingga cacat lahir.

Itulah beberapa cara agar kualitas dan kesehatan sperma tetap terjaga. Setiap pria maupun pasangannya tentu berharap organ reproduksi subur, agar bisa melahirkan keturunan yang sehat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel