iklan satu

Penting, Cegah Osteoporosis Selagi Muda Dengan Konsumsi Jenis Makanan Ini

Osteoporosis biasanya menyerang manusia lanjut usia. Dimana lapisan tulang menurun kekuatanya dibanding saat usia muda. Kegiatan-kegiatan yang biasanya dikerjakan saat masih muda lambat laun sudah tidak bisa dilakukan, seperti olahraga, angkat beban berat dan lainnya.

Tentunya hal tersebut tidak ingin kita alami atau rasakan. Osteoporosis bisa dicegah dengan mengosumsi makanan bergizi dan menghindari makanan makanan sumber pengawet.

osteoporosis
Berikut ini adalah daftar makanan untuk mencegah terjadinya osteoporosis :

Makanan sumber kalsium
Kalsium adalah sumber gizi yang berguna untuk menguatkan tulang. Kalsium membuat tulang tidak mudah mengalami pengeroposan. Manusia dewasa butuh 1000 sampai 1100 mg kalsium perhari untuk menunjang kesehatan tulangnya. Makanan yang punya kalsium tinggi seperti: susu, keju, sawi, brokoli, tempe, oatmeal sangat direkomdasikan untuk dikosumsi.

Makanan sumber vitamin d
Vitamin D diperlukan dalam penerimaan kalsium dalam tubuh kita. Vitamin d membantu mengoptimalkan manfaat kalsium agar menyerap secara utuh ke tulang.
Vitamin D alami bisa didapat dari sinar matahari dipagi hari. Namun sinar matahari saja ternyata belum cukup. Kita juga perlu rutin mengosumsi sumber vitamin d seperti; susu sapu, keju, ikan tuna, salmon, ikan kod dan yang lainya.

Baca Juga: Apa Benar Wanita Bisa Hamil Jika Berenang Satu Kolam dengan Pria? ini penjelasannya

Makanan berprotein tinggi
Tulang tersusun dari berbagai jaringan. Jaringan tersebut butuh nutrisi agar pertumbuhanya terjaga dan makanan berprotein tinggilah yang bisa menjawab kebutuhan itu.
Tulang yang punya jaringan kuat akan memperkecil resiko terjadinya cidera seperti patah tulang. Dan makanan berprotein tinggi bisa didapat dari; kacang hijau, kedelai, daging ayam, telur, susu. Perlu diketahui manusia butuh sekitar 56 – 69 gram protein dalam sehari.

Makanan bervitamin c
Ternyata pencegahan osteoporosis juga memerlukan keberadaan vitamin c. Kolagen yang tergantung dalam vitamin c akan melengkapi peran kalsium, protein dan vitamin d dalam menjaga kekuatan tulang. Dan makanan yang mengandung banyak vitamin c adalah; jeruk, belimbing, tomat, mangga.

Makanan Berzat besi tinggi
Zat besi diperlukan untuk melumasi tulang. Tulang yang mengalami aus lama kelamaan akan membuat terjadinya osteoporosis.
Selain itu zat besi juga mempercepat pemulihan cidera seperti patah tulang.
Dan berikut ini adalah bahan makan berzat besi tinggi: kubis, bayam, susu, yogurt, telur dan masih banyak lagi.

Baca Juga: Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Dampak Penggunaan Smartphone/Gadget, penting lakukan beberapa tips ini

Selain dari mengosumsi makanan, usaha untuk mencegah osteoporosis juga bisa dilakukan dengan kebiasaan rutin berolahraga seperti joging, yoga dan bersepeda. Olahraga akan menghilangkan lemak dan kalori berlebihan dalam tubuh.

osteoporosis
Tulang yang tetap sehat adalah impian bagi setiap orang terutama bagi yang sudah berumur lanjut usia. Dengan terbebas dari osteoporosis kualitas hidup kita akan jadi lebih meningkat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel