iklan satu

Ilustrasi Pentingnya Sosial Distancing Demi Putuskan Rantai Penyebaran Virus Corona (Covid-19)

Virus Corona yang asal mulanya ditemukan di Wuhan China ini berasal dari virus  SARS-CoV-2, nama penyakit yang di sebabkan dari virus ini  yaitu Covid-19. Penyebaran virus ini bisa dibilang tergolong sangat cepat. 

corona virus
Menurut Center For Disease Control And Prevention (CDC), Virus Corona ini bisa menyebar dari satu orang ke orang lainnya melalui kontak dengan jarak radius 1,8 meter. Orang yang terjangkit Covid-19 menyebarkan partikel virus lewat udara, kalau mereka batuk atau bersin yang kemudian masuk ke dalam tubuh orang lain lewat hidung dan mulut. 

Seseorang juga bisa tertular Covid-19 lewat permukaan sebuah benda yang terpapar virus corona (pakaian, kursi, meja, gagang pintu, dll). Namun menurut CDC, ini bukanlah cara utama penyebaran virus corona, karena virus bisa mati jika terkena suhu 30 derajat celcius di udara.


Oleh karena itu cara ter aman untuk menghindari Covid-19 ini yaitu dengan Sosial Distancing (pembatasan sosial) atau tetap berada di rumah lebih baik. ini dilakukan karena kita belum tahu apakah orang yang kita jumpai diluar sana terpapar atau tidak. 

Berikut gambaran ilustrasi penyebaran :

corona virus
Gambar diatas menunjukkan ada 4 kelompok orang. 
  • A pembawa virus pertama yang keberadaannya mudah ditemukan dan sebagian besar bisa dilacak dan diisolasi untuk pengobatan.
  • B adalah orang asing yang tidak kenal sama A. mereka menjalin kontak tidak sengaja di tempat umum (Bandara, terminal, toilet umum, angkutan umum, salom, lift, stasiun, pasar, kafe dll.
  • C merupakan orang yang dikenal dan telah melakukan kontak sama si A. dengan menuelusuri riwayat perjalan A, kita bisa menemukan keberadaan C, dan bisa pantau.
  • D adalah orang lain yang mungkin berhubungan dengan si B (menjalin kontak sengaja maupun tidak sengaja). dalam hal ini D akan menjadi B baru (B2)
Dari keterangan diatas, permasalahan yang ditemukan yaitu siapa si B? Bagaimana bisa mengetahui si B?

Nah, disinilah tujuan dari karantina atau lockdown yaitu untuk menggunakan waktu untuk menemukan si B. Pada dasarnya, periode inkubasi selama 14 hari, B akan menunjukkan gejala diantaranya batuk, demam, susah nafas.


Manfaat dari metode ini yaitu:
  • Menemukan si B, melakukan karantina, melakukan perawatan ataupun pengobatan
  • Mengurangi dan menghentikan munculnya D (B2) baru
  • Menekan dan mengurangi transmisi virus
Oleh karena itu penting bagi kita untuk melakukan Sosial Distancing, tetap berada di rumah lebih baik. Jika ada pekerjaan yang mengharuskan kita untuk keluar rumah, berilah jarak minimal 1,5 meter. dengan demikian kita termasuk orang yang mempunyai kontribusi dalam menghentikan penyebaran Covid-19 ini.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel