iklan satu

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Dampak Penggunaan Smartphone/Gadget, penting lakukan beberapa tips ini

Cara Menjaga Kesehatan Mata dari Dampak Penggunaan Smartphone/Gadget, penting lakukan beberapa tips ini
kesehatan mata
Mungkin banyak orang atau termasuk saya sendiri yang dalam menjalani aktivitas sahari-hari tidak pernah terlepas dari yang namanya Smartphone atau Gadget. Mulai dari bangun tidur sampai mau tidur kembali pun masih menatap layar Smartphone.

Dalam era digital ini, merupakan hal yang wajar saja jika melihat seseorang tiap jam bahkan menit detik selalu melihat layar smartphone. Entah karena bermain game, hanya sekedar melihat sosial media, ataupun karena memang tuntutan pekerjaan yang mengaruskan selalu standby melihat smartphone.

kesehatan mata
Jadi, cukup bisa dimaklumi yah dengan berbagai alasan tersebut. Namun, tak jarang diantara kita melakukannya dengan hal yang salah yang justru dapat merusak kesehatan mata kita sendiri, seperti melihat layar smartphone ditempat yang gelap dengan pencahayaan layar yang lebih terang atau pun jarak antara mata dengan layar terlalu dekat.

Lalu bagaimana cara mencegah atau meminimalisir hal tersebut? berikut beberapa tips yang bisa diterapkan:

Jangan lupa untuk berkedip

Ya, berkedip. Karena hal tersebut dapat membuat mata lelah dan iritasi. Normalnya kita harus berkedip 15-20 kali per menit agar air mata dapat meliputi permukaan bola mata. Berkedip bisa membantu menyegarkan mata dengan cara menyebarkan lapisan film air mata secara merata. Berkedip akan meredakan ketegangan mata akibat mata yang kering.


Hindari menatap layar 1-2 jam sebelum tidur


Kenapa? karena di layar smartphone yang kita lihat terdapat "Blue Light" yang dapat memperlambat hormon melatonin, yaitu hormon yang membantu menjaga siklus tidur agar tetap sehat.

Penjelasan dokter mata, dr.  Prima Retnosari di CNN Indonesia mengatakan " Blue Light yang banyak itu bisa menyebabkan ritme sirkadian (pola tidur) orang dapat terganggu, misalnya orang malam main handphone sebelum tidur itu biasanya akan lebih susah tidurnya".

Sepertinya hal yang satu ini berat yah, karena pasti kamu pengen ucapin dan diucapin balik "met bobo" dari si do'i ya kan.

Baca Juga: TEH HIJAU, simak beberapa manfaat untuk kesehatan tubuh, bukan hanya untuk diet

Terapkan rumus 20-20-20

Yaitu setiap kali kita menatap layar smartphone selama 20 menit, sempatkan melihat objek lain di luar layar selama 20 detik, yang jaraknya 20 kaki. hal ini penting untuk kita mencegah dan menghindari terjadinya  kelainan refraksi seperti mata minus, plus atau slinder.


Terapkan posisi benar

Jarak pandang antara mata dan layar smartphone yaitu minimal 30-40m cm, sama halnya seperti jarak pandang saat kita membaca buku. Jika menggunakan kacamata dianjurkan supaya tetap menggunakan kacamata sesuai ukuran agar jarak ideal tetap bisa diterapkan.

Baca Juga: 6 Tips Sederhana untuk Mengatasi Depresi

Atur Pencahayaan

Usahakan atur pencahayaan dalam smartphone agar tidak lebih terang dari ruangan sekitar kita, karena hal tersebut dapat menyebabkan mata kita jadi lebih mudah lelah atau bahkan kabur saaat melihat objek lain.

Itulah beberapa tips untuk menjaga organ vital mata di tengah era digital saat ini, ini penting demi menjaga kesehatan mata kita. Jadi, jangan lupa untuk selalu diterapkan yah.







Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel