iklan satu

Penyakit Yang Datang Saat Terjadi Bencana Banjir


Dengan kondisi curah hujan yang cukup tinggi belakangan ini membuat sebagian wilayah di Indonesia terkena bencana banjir. Banjir yang terjadi di pemukiman tentu bias membawa banyak dampak buruk bagi masyarakat, seperti datangnya berbagai jenis penyakit bersama dengan air yang menggenangi pemukiman tersebut.

Penyakit Yang Datang Saat Terjadi Bencana Banjir
Image : https://www.merdeka.com/

Dilansir dari World Health Organization (WHO) dikatakan ada 2 jenis penyakit yang bisa hadir bersama dengan terjadinya bencana banjir yaitu penyakit yang datang karena air dan penyakit yang terbawa oleh perantara. Nah, dibawah ini akan dijelaskan beberapa penyakit tersebut.

Penyakit yang terbawa air




Tifus


Penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella thyphi atau Salmonella paratyphi ini  memiliki gejala demam, batuk kering, sakit kepala,  kehilangan nafsu makan, nyeri otot, hingga diare. Pengobatan penyakit tifus adalah dengan cara meminum antiobitik yang diberikan oleh dokter serta banyak minum air putih untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang akibat diare dan demam.

Kolera


Gejala yang paling mudah dilihat dari penyakit ini adalah penderita akan mengalami dehidrasi akibat diare yang sangat parah. Apabila dibiarkan, tentu saja dapat mengancam nyawa penderitanya.yang menjadi masalah adalah tidak semua orang mendapatkan gejala tersebut. Kolera umumnya bisa  menular di area yang padat penduduk dan memiliki sanitasi yang buruk dan dapat ditularkan lewat tinja yang dikeluarkan oleh penderita.

Hepatitis A


Penyakit ini dibawa oleh virus, ia menyerang sel hati manusia. Kasus di Asia Tenggara sendiri cukup tinggi. Tiap tahunnya, ada sekitar 400 ribu orang diperkirakan terinfeksi virus ini dan mampu menewaskan 800 jiwa.yang lebih menyedihkan lagi  adalah penderita hepatitis A adalah anak-anak. Gejala parah yang diitmbulkan dari penyakit ini adalah tinja yang berwarna pucat, urine yang menggelap, gatal-gatal dan sakit kuning.

Penyakit yang terbawa oleh perantara


Malaria


Parasit yang dibawa oleh nyamuk adalah awal mula dari penyakit ini. Melalui  satu gigitan saja, malaria bisa ditularkan dari nyamuk ke penderita. Malaria jarang sekali menular secara langsung dari satu orang ke yang lainnya, hal ini dikarenakan ia memerlukan kontak darah dari sang penderita, akan tetapi bukan tidak mungkin hal itu terjadi. Malaria ditunjukkan dengan  gejala demam, kedinginan, berkeringat, nyeri otot sampai muntah-muntah.

Demam berdarah


Penyakit yang disebabkan oleh infeksi virus dengue ini ditularkan melalui gigitan dari nyamuk Aedes aegypti dan Aedes albopictus, mereka hidup di wilayah tropis dan subtropis.Penyakit ini sering disalahartikan sebagai gejala tifus karena memiliki gejala yang mirip. Untuk penderita yang sudah parah bisa mendapatkan pendarahan lewat muntah darah.

Nah, itulah beberapa penyakit yang bisa dating disaat banjir. Tetap jaga kebersihan ya pembaca..sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel