iklan satu

5 Tips Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok


5 Tips Untuk Menghentikan Kebiasaan Merokok
https://www.alodokter.com/

Banyak orang setuju bahwa merokok adalah sebuah kebiasaan yang buruk. Hal itu dikarenakan ada banyak kandungan zat-zat yang tidak baik untuk tubuh. Beberapa orang telah menjadi kecanduan dengan rokok, sebagian dari mereka pun menginginkan untuk berhenti dari kebiasaan negatif itu tetapi merasa kesulitan. Nah, dibawah ini akan dijelaskan beberapa cara yang bisa diterapkan agar mudah untuk menghindari kebiasaan merokok.

1. Buang apa yang menjadi penyebabnya


Faktor yang menjadi pemicu Anda ingin merokok secara terus-menerus adalah adanya puntung rokok yang berserakan dimana-mana. Oleh karena itu buang semua puntung rokok yang berceceran dan jangan sampai tersisa. Selain itu, rokok yang selama ini belum terpakai lebih baik disingkirkan agar Anda tidak terus-menerus ingat untuk merokok dan akhirnya keinginan untuk berhenti merokok malah gagal

2. Menghilangkan bau


Jika Anda adalah seorang perokok biasanya semua area kamar dan rumah Anda akan dipenuhi dengan bau rokok. Oleh karena itu mulai dari sekarang cobalah untuk menghilangkan baunya dengan cara membersihkan barang-barang entah itu sarung bantal, seprei, atau gorden. Dengan cara menghilangkan baunya tentu Anda tidak akan merasa begitu sulit untuk mencoba berhenti merokok.

3. Ubah kebiasaan


Jika Anda memiliki kebiasaan sesudah makan langsung merokok ada baiknya mulai dari sekarang ubah kebiasaan itu. Cobalah saat sesudah makan langsung mencuci piring atau makan permen kesukaan Anda supaya pikiran untuk merokok pun teralihkan. Jangan sampai niat Anda untuk berhenti merokok hilang begitu saja hanya karena menuruti hawa nafsu.


4. Hindari stres


Salah satu faktor pemicu Anda kembali merokok  adalah stres. Oleh karena itu ada baiknya untuk menghindari stres dengan hal-hal yang kamu senangi. Jika kamu belum mampu mengendalikan stres dalam dirimu, setidaknya pikirkan saja hal-hal  bahagia dan manjakan diri saat stres datang. Dengan cara seperti itu, keinginan untuk merokok pun bisa sirna.

5. Tabung uang yang biasanya digunakan untuk membeli rokok


Jika Anda adalah seorang perokok, biasanya Anda akan menyediakan bujet tersendiri untuk membeli rokok. Nah jika Anda memiliki keinginan untuk berhenti baiknya bujet tersebut Anda tabung saja dan Anda bisa menggunakan dana tersebut untuk hal-hal urgent atau hal menyenangkan lainnya. Dengan begitu Anda tidak akan fokus pada rokok terus dan akhirnya pelan-pelan Anda bisa berhenti merokok.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa diterapkan untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda. Ingat rokok membunuhmu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel