iklan satu

5 Tips Menjaga Kesehatan Mata


Tips Menjaga Kesehatan Mata

Menjaga kesehatan mata adalah sebuah hal yang sangat dianjurkan. Terlebih lagi dizaman modern ini, dimana kita banyak menggunakan mata kita untuk melihat layar gadget atau laptop yang memancarkan cahaya yang sangat cerah dan menyakiti mata. Nah, oleh karena itu sangat perlu untuk kita menjaga kesehatan mata. Dibawah ini akan dijelaskan beberapa tips yang bisa diterapkan agar kesehatan mata bisa tetap terjaga. Mau tau apa saja tips nya? Simak penjelasannya dibawah ini.

1. Mendapatkan cukup vitamin dan mineral

Vitamin A, C dan E, dan juga zinc yang mengandung antioksidan dapat membantu kita untuk mengurangi risiko terkena macular degeneration, yaitu sebuah gangguan pada retina. Kandungan-kandungan vitamin itu  banyak terdapat pada jenis makanan  sayuran dan buah-buahan, seperti wortel, paprika hijau, brokoli, bayam, stroberi dan kentang manis. Beberapa jenis ikan seperti salmon juga sangat direkomendasikan untuk kesehatan mata.

2. Jangan melupakan karotinoid

Beberapa nutrisi juga bisa membantu penglihatan, seperti lutein dan jugq zeaxanthin. Nutrisi itu juga terkandung di dalam brokoli, telur dan juga zucchini. Nutrisi ini juga bisa didapat melalui suplemen-suplemen. Kegunaan nutrisi itu adalah untuk melindungi mata dari sinar ultraviolet.

3. Menjaga tubuh tetap fit

Menjaga tubuh untuk tetap bugar juga bisa membantu penglihatanmu. Diabetes tipe 2 yang biasa diderita oleh mereka yang mengalami obesitas bisa menyebabkan adanya kerusakan pada jaringan darah di mata. Kebocoran darah dapat dialami dan juga akan mengganggu penglihatan si penderita.

4. Menangani kondisi kritis

Diabetes bukan satu-satunya penyebab adanya gangguan mata. Tekanan darah tinggi dan sclerosis juga bisa merusak penglihatan Anda. Kasus-kasus seperti ini tidak dapat dihindari, namun dapat dikontrol dengan cara membuat kebiasaan yang sehat dan mengurangi konsumsi obat-obatan.

5. Menggunakan pelindung mata

Entah itu sedang melakukan aktivitas bekerja di garasi atau sedang melakukan eksperimen maupun berolahraga, jangan lupa untuk menggunakan pelindung mata yang baik. Pelindung mata berguna untuk melindungi mata dari cipratan bahan kimia, objek tajam, dan juga material-material kecil lainnya yang mampu menyebabkan kebutaan. Kacamata hitam juga termasuk lho. Pilihlah pelindung mata yang mampu menghalangi radiasi UVA dan UVB serta tidak terlalu gelap.

Nah, itulah beberapa tips yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan mata kita. Semoga artikel ini bermanfaat, sampai jumpa!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel